Kamis, 02 Nov 2017 20:26 WIB

71% Pendapatan XL Disumbang Data

Rachmatunnisa - detikInet
CEO XL Dian Siswarini (Foto: Arum Tiyasworo/20detik) CEO XL Dian Siswarini (Foto: Arum Tiyasworo/20detik)
Jakarta - Layanan data memberikan kontribusi signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi XL Axiata.

CEO XL Axiata Dian Siswarini menyebutkan, kinerja yang tumbuh kuat di kuartal ketiga memperlihatkan agenda transformasi Revamp, Rise, Reinvent (3R) yang diusungnya memberikan hasil positif.

"Sejak 2015 kita mulai sosialisasikan strategi 3R untuk menempatkan XL sebagai provider terdepan untuk data service. Kami mengakselerasi perpindahan pemakaian legacy service ke pemakaian data. Dampaknya, sudah terlihat dari sekarang, ke depannya pertumbuhan masih akan di data dan lebih besar lagi," kata Dian di kantor XL Axiata di Rasuna Said, Kamis (2/11/2017).

Dipaparkan Dian, bisnis layanan data menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan yang tertinggi di industri, dengan komposisi pendapatan layanan data dan pengguna smartphone mencapai 71% dan 70%.

Di sisi lain, turunnya pendapatan dari layanan voice dan SMS sempat membuat XL mendapat sorotan tajam di masa transisi. Dian menyebutkan, kondisi tersebut adalah juga dampak dari akselerasi perpindahan pemakaian layanan voice dan SMS ke data lebih dini.

"Saya ingat di 2015-2016 ditanya apa yang salah dengan XL, itu karena kami akselerasikan perpindahan dari revenue voice dan SMS ke revenue data jauh lebih cepat dari industri. We hit earlier than the industry. Sekarang 2017 kontribusi data sudah lebih besar sehingga kalau voice atau SMS revenue masih turun, itu sudah bukan menjadi kontributor terbesar dan bisa dikompensasi dengan kenaikan dari revenue data," jelasnya panjang lebar.

71% Pendapatan XL Disumbang Data Infrastruktur XL di Sulut (Foto: XL)


Dian mengklaim, XL juga berhasil memanfaatkan momentum meningkatnya penggunaan layanan data di Indonesia dengan terus membangun infrastruktur jaringan internet kecepatan tinggi yang andal dan memperluas cakupan layanan.

Untuk memperkuat bisnis layanan data tersebut, jaringan 4G LTE XL saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G.

Selain itu, meningkatnya investasi yang dilakukan di berbagai wilayah di luar Jawa dengan program 3G U900 dan perluasan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE yang telah mancakup ratusan kota di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok, telah mendorong XL untuk dapat meraih wilayah pertumbuhan baru, selaras dengan semakin meningkatnya trafik data dan pertumbuhan pendapatan.

"Berbagai penawaran paket data inovatif kami melalui strategi dual-brand telah telah menghasilkan berbagai pencapaian yang positif, selaras dengan semakin diminatinya XL bagi segmen pasar white-collar dan blue-collar, serta Axis bagi segmen pasar youth, di mana kedua merk tersebut membedakan penawarannya sesuai fokus dari segmen pasarnya," tambahnya.

Catatan lainnya, XL Axiata juga menggaet jumlah pengguna data dan smartphone dengan laju penetrasi smartphone meningkat 3% sejak kuartal sebelumnya menjadi 70%. Konsumsi layanan data juga terus meningkat, di mana trafiknya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sehingga mempercepat konsumsi data per pengguna. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed