Selasa, 31 Okt 2017 09:56 WIB

Registrasi SIM Card Prabayar ke 4444, Bayar atau Gratis?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta - Saat ini para pelanggan seluler prabayar diwajibkan untuk memverifikasi nomornya dengan mengirimkan pesan ke 4444. Lalu, apakah itu dikenakan tarif?

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ahmad M. Ramli menyebutkan bahwa registrasi SIM Card prabayar dengan SMS ke 4444 itu tidak dikenakan tarif alias gratis.

"Untuk pelayanan kepada masyarakat, registrasi ini nggak boleh dikenakan tarif. Justru, ini akan membantu orang dari penipuan karena identitas pelanggan semakin jelas," ujar Ramli saat dihubungi detikINET, Selasa (31/10/2017).

Lebih lanjut dikatakan Ramli, 4444 merupakan nomor resmi yang dibuka oleh semua operator buat pendaftaran atau aktivasi nomor pelanggan seluler baru. Dan kini, nomor itu kembali digunkan untuk registrasi yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

"(Nomor 4444) dari dulu. Aktivasi atau pendaftaran SIM Card baru yang lewat SMS kan kirimnya ke 4444. Jadi, cara itu bukan hal baru kok," ujar Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys dihubungi detikINET, Rabu (18/10/2017).

Registrasi SIM Card Prabayar ke 4444, Bayar atau Gratis?Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II


Registrasi SIM Card prabayar ini mulai diwajibkan pada 31 Oktober 2017 sampai paling lambat 28 Februari 2018. Registrasi ini diwajibkan kepada pelanggan seluler prabayar baru maupun lama.

Untuk pelanggan baru bagi operator Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) menggunakan format SMS NIK#NomorKK# yang dikirim ke 4444. Berbeda dengan pelanggan Telkomsel, mereka memakai format Reg(spasi)NIK#nomorKK# dan untuk pelanggan XL menggunakan format SMS Daftar#NIK#nomorKK.

Sementara untuk pelanggan lama bisa menggunakan format SMS ULANG#NIK#NomorKK# bagi pelanggan Indosat Ooredoo, dan Hutchison 3 Indonesia. Sementara pelanggan lama Telkomsel menggunakan format ULANG(spasi)NIK#nomorKK# dan pelanggan XL memakai format ULANG#NIK#nomorKK.

Selain itu, pelanggan dapat melakukan registrasi dengan mendatangi gerai masing-masing operator seluler. Persyaratannya sama, menyertakan informasi NIK dan KK, tidak perlu mengungkapkan nama ibu kandung yang dinilai riskan untuk dibeberkan.

Registrasi SIM Card Prabayar ke 4444, Bayar atau Gratis?Foto: Infografis: Indonesiabaik.id

Saksikan video 20detik tentang registrasi ulang SIM card di sini:

[Gambas:Video 20detik] (afr/afr)