Selasa, 24 Okt 2017 15:34 WIB

Ratusan Mahasiswa Serbu IndonesiaNEXT demi Sertifikat Kerja

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Suasana acara. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Suasana acara. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Sebanyak 650 mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek terlihat antusias menyerbu acara IndonesiaNEXT yang digelar Telkomsel demi mengejar sertifikasi kerja bertaraf internasional.

Menurut General Manager Youth and Community Jabodetabek Jabar Telkomsel Ricky E. Pangabean, tercatat ada 1.400 mahasiswa yang mendaftar. Namun karena keterbatasan, pihaknya melakukan assesment hingga tersaring 650 mahasiswa tadi.

"Kami juga melakukan penyaringan dan melihat kira-kira mahasiswa mana yang benar-benar serius mengikuti program, mana yang tidak. Tapi memang selain keseriusan tadi, kami juga mempertimbangkan kapasitas," ujar Ricky kepada detikINET di Hotel Bumiwiyata, Depok, Selasa (24/10/2017).

Dari ratusan mahasiswa, ada tiga universitas yang mendominasi, yakni Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, dan Universitas Pancasila. Di luar itu, ada nama-nama seperti Universitas Gunadarma, Universitas Negeri Jakarta, dan Institut Pertanian Bogor.

Telkomsel Kumpulkan Ratusan Mahasiswa untuk Sertifikasi KerjaSuasana acara. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan

Dalam sesi seminar, Telkomsel menghadirkan sejumlah pakar sebagai pembicara utama, antara lain Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Hiro Wardhana (CEO Code Inc), dan Sakti Makki (Co-Founder Makki Makki).

Para pembicara ini akan berbagi pengalaman serta ilmu yang diharapkan dapat membuka wawasan peserta dalam memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.

Setelah sesi seminar para peserta akan melanjutkan kegiatan di sesi pelatihan untuk sertifikasi yang diselenggarakan di tiga kampus ternama yaitu Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, dan Universitas Trisakti 25-30 Oktober 2017.

Melalui kegiatan ini, peserta akan mendapatkan pelatihan yang mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan perangkat lunak, serta keahlian berkomunikasi secara formal. Pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari ini juga akan memperkenalkan mahasiswa berbagai skill dan pengetahuan terkini terkait berbagai bidang, seperti manajemen, ekonomi, teknologi informasi, sistem komputer, hingga multimedia.

"Peserta yang lulus dari ujian sertifikasi pada program IndonesiaNEXT akan mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)," ucap Ricky.

Pada tahap akhir program, akan dipilih 30 peserta terbaik tingkat nasional yang berkesempatan untuk mengikuti program magang di Telkomsel. Selain itu lima peserta terbaik akan mendapatkan short course di salah satu perusahaan ternama di luar negeri. (mag/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed