Selasa, 12 Sep 2017 19:22 WIB

Satelit Telkom 1 Mati

Menkominfo Kejar Sekjen ITU demi Satelit Telkom 4

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan menemui perwakilan dari International Telecommunication Union (ITU). Agenda utamanya untuk mengamankan slot orbit 108 derajat Bujur Timur (BT) untuk satelit Telkom 4.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail, mengatakan telah mengirim surat notitifikasi awal yang diterima pada Direktur Radio Communication ITU pada 4 September 2017.

"Pada akhir bulan ini, Pak Menteri (Rudiantara) juga berencana untuk bertemu dengan Sekjen ITU yang membahas salah satunya mengenai suspensi slot orbit 108 derajat Bujur Timur," sebutnya Ismail di Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan proses dibalas surat ini bisa memakan berbulan-bulan. "Prosesnya itu bukan harian atau mingguan, kira-kira bisa 3-4 bulanan," ucapnya.



Di samping itu, Telkom juga akan menyiapkan segala administrasi yang dibutuhkan untuk semakin menyakinkan kepada ITU agar slot 108 derajat ini di-suspend terlebih dahulu saat ini.

"Surat ke ITU sebagai notifikasi awal nanti sambil menunggu laporan final dari teman-teman Telkom untuk menyampaikan kondisi existing-nya," kata Ismail.

Pasca anomali, satelit Telkom 1 sempat dinyatakan keluar dari orbit 108 BT sehingga slot tersebut mengalami kekosongan. Dampak dari anomali Telkom 1 ini, yang paling terasa hilangnya saluran televisi lewat parabola hingga matinya ribuan jaringan ATM di berbagai daerah Indonesia.

Pengamanan slot orbit 108 BT ini dilakukan karena nanti paling lambat 17 Agustus 2018, Telkom berencana meluncurkan satelit Telkom 4 yang akan mengisi slot orbit tersebut. (rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed