Selasa, 22 Agu 2017 17:13 WIB

Tapal Batas

Trik Hindari Roaming Saat Melancong ke Perbatasan

Rachmatunnisa - detikInet
Berfoto di PLBN Entikong (Foto: Rachman Haryanto) Berfoto di PLBN Entikong (Foto: Rachman Haryanto)
Entikong - Wilayah perbatasan sedang giat-giatnya dibenahi. Sejumlah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dipercantik sehingga menarik wisatawan mengunjunginya, salah satunya PLBN Indonesia-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Foto-foto dan eksis di media sosial (medsos)? Wajib. Dengan demikian, lebih banyak orang tahu wilayah PLBN kita sudah jauh lebih bagus dan membanggakan. Secara tidak langsung, kita juga ikut mempromosikan wisata perbatasan.

Tapi, di wilayah PLBN memang rentan diterobos sinyal telekomunikasi negara tetangga. Pasalnya, sulit mendeteksi sinyal ketika melewati titik perbatasan. Tenang, ada cara mengantisipasinya.

"Kami sarankan untuk mengaktifkan airplane mode dan mengganti setingan operator di ponsel ke mode manual," kata Staf Outlet Operation Telkomsel Cluster Sintang Eldyo Maulana.

Rentan Kena Roaming Melancong ke Perbatasan, Begini Triknya Mengaktifkan airplane mode (kiri) | Pengaturan memilih jaringan operator secara manual (kanan)


Trik ini memang selalu disosialisasikan Telkomsel ke para pelanggannya di wilayah perbatasan. Airplane mode atau mode terbang jadi cara praktis mengamankan ponsel kecolongan sinyal operator Malaysia. Dengan cara ini, fungsi panggilan, pesan dan data seluler otomatis dinonaktifkan.

Pengguna juga disarankan memilih operator secara manual melalui pengaturan jaringan seluler. Karena jika diatur otomatis, ponsel akan langsung mencari sinyal yang lebih kuat saat sinyal operator yang kita gunakan lemah.

"Kalau masih khawatir kena roaming, disimpan dulu aja (foto dan videonya). Disave dulu nanti postingnya setelah airplane modenya dinonaktifkan lagi," Eldyo memberi tips bagi wisatawan PLBN yang ingin eksis di medsos.

Toh, pengguna tak perlu berjalan jauh untuk mendapatkan sinyal saat akan memposting di medsos. Dikatakan Eldyo, kekuatan sinyal Telkomsel di PLBN sudah lebih luas cakupannya dibandingkan beberapa tahun lalu.

Rentan Kena Roaming Melancong ke Perbatasan, Begini Triknya Branch Manager Telkomsel Pontianak M Norhansyah (Foto: Rachmatunnisa/detikcom)


Hal ini diamini Branch Manager Telkomsel Pontianak M Norhansyah. Sinyal kuat di wilayah perbatasan dia harapkan bisa membantu mempromosikan wisata PLBN ke lebih banyak orang.

"Dulu wilayah ini gak begitu bagus. Kalau dibandingkan dengan tetangga, border kita jelek. Sekarang sudah jauh lebih bagus dan ini harus diekspos masyarakat sehingga bisa menjadi objek wisata," kata Norhansyah.

Untuk menunjang itu, Telkomsel terus menambah kapasitas jaringannya untuk memperkuat sinyal di wilayah perbatasan. Ada lima BTS 2G, 6 BTS 3G dan 2 BTS 4G di kecamatan Entikong, tempat PLBN berada. Sinyal 4G yang menyelimuti wilayah perbatasan jadi kebanggaan tersendiri bagi Telkomsel.

"Ini memperlihatkan bagaimana kami membuktikan hanya Telkomsel yang melayani internet cepat lewat jaringan 4G yang sudah aktif di wilayah perbatasan, salah satunya di Entikong," ujarnya.

Bertambahnya wisatawan yang mengunjungi PLBN juga menjadi bidikan Telkomsel untuk menggeber berbagai promo paket komunikasi roaming di Malaysia.


Simak cerita lainnya dari wilayah perbatasan di Tapal Batas detikcom. (rns/fyk)
Berfoto di PLBN Entikong (Foto: Rachman Haryanto)
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
Foto: Rachman Haryanto
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed