Kamis, 17 Agu 2017 14:13 WIB

Menkominfo Pimpin Upacara Kemerdekaan di Alor

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rachman/detikINET Foto: Adi Fida Rachman/detikINET
Alor - Peringatan detik-detik proklamasi di Kabupaten Alor berjalan hikmat. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memimpin langsung jalannya upacara.

Upacara ini sendiri berlangsung di Lapangan Mini Kalabahi. Pertunjukan teater perjuangan rakyat merebut kemerdekaan menjadi pembukaan. Setelah itu barulah upacara peringatan HUT RI ke-72 dimulai. Menkominfo menaiki podium utama menjadi inspektur upacara.

Naskah teks proklamasi dibacakan langsung oleh Bupati Alor Amon Djobo. Lanjut dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang diserahkan oleh Menkominfo kepada tim Paskibra Kabupaten Alor.

Dalam amanatnya, Rudiantara mengatakan tahun ini Peringatan HUT RI ke-72 mengambil tema Indonesia Kerja Bersama. Tema ini menggandung arti dan nilai penting, sekaligus dapat dijadikan sebagai dasar pijakan dalam melangkah dari setiap usaha dan perjuangan kita sebagai bangsa yang berdaulat di atas azas gotong royong.

"Fakta telah membuktikan bahwa gotong royong menjadi perekat sosial yang efektif tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan untuk menuju tujuan yang mulia. Untuk itu, marilah kita terus membangun, melestarikan serta mewariskan nilai kebersamaan dan gotong royong dalam membangun bangsa dan negara Indonesia khususnya Kabupaten Alor," kata pria yang kerap disapa Chief RA ini, Kamis (17/8/2017).

Rudiantara turut mengatakan pemerintah berupaya membangun daerah terpencil dan perbatasan. Salah satunya dengan penyaluran dana desa yang jumlahnya terus ditingkat tiap tahunnya.

Menkominfo Pimpin Upacara Kemerdekaan di AlorFoto: Adi Fida Rachman/detikINET

Dicontohkannya di Kabupaten Alor, saat ini wilayah tersebut memiliki 158 desa. Pada 2015, pemerintah pusat menyalurkan Rp 61 miliar. Kemudian meningkat menjadi Rp 157 miliar pada 2016. Di 2017 ini, pemerintah kembali meningkatkan dana desa di Alor menjadi Rp 183 miliar.

"Ini berarti, tepat dua tahun, desa-desa di daerah ini telah berada di sebuah titik peralihan, dari objek menjadi subjek pembangunan," kata Chief RA.

Dalam kesempatan ini, tak lupa pula, Chief RA mengungkap kekaguman akan keindahana Alor dan keharmonisan daerah ini dalam menjaga keberagaman yang kemudian mengantar mereka mendapat penghargaan Harmoni Award dari Kementerian Agama. (afr/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed