Sabtu, 05 Agu 2017 16:18 WIB

4G Telkomsel Jangkau Pos 3 Jalur Pendakian Gunung Semeru

Muhammad Aminudin - detikInet
Foto: Muhammad Aminudin/detikINET Foto: Muhammad Aminudin/detikINET
Jakarta - Layanan 4G Telkomsel sudah hadir di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Ini adalah tempat yang menjadi titik awal jalur pendakian menuju Gunung Semeru.

Para pendaki ataupun wisatawan pengguna Telkomsel yang berkunjung ke Ranupani dijanjikan tidak akan lagi mengalami masalah soal jaringan selulernya.

"Jangkauan Combat 4G, bisa sampai Pos 3 jalur pendakian. Untuk wilayah Ranupani secara keseluruhan," kata Executive Vice President (EVP) Telkomsel Area Jawa Bali Ririn Widaryani di sela meresmikan Combat 4G di Desa Ranupani, Jumat (4/8/2017).

Layanan ini diharapkan mampu mengeksplore wilayah Ranupani dan kebutuhan wisatawan dan pendaki akan jaringan seluler. Selain itu, bisa memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi menjalankan bisnis hasil pertanian mereka.

"Koordinasi dengan Pemkab Lumajang juga semakin mudah, mengecek harga-harga komoditas," terang Ririn.

4G Telkomsel Jangkau Pos 3 Jalur Pendakian Gunung SemeruFoto: Muhammad Aminudin/detikINET


Ke depan, dikatakan Ririn Base Transceiver Station (BTS) akan dibangun permanen. Karena saat ini, baru berupa Compact Mobile Base Station (Combat).

"Permanen nanti bisa akan lebih tinggi dan jangkauannya akan semakin luas. Ini wujud bakti kami (Telkomsel) kepada Negeri," bebernya.

Wakil Bupati Lumajang Buntaran Suprianto menambahkan, jumlah pendaki ke Gunung Semeru semakin meningkat. Setiap tahun diprediksi mampu mencapai 3 ribu pendaki, bahkan lebih.

"Tetapi pembatasan harus ada, karena status Gunung Semeru. Tapi jumlah pendaki terus bertambah," terangnya.

Pemkab Lumajang sendiri menurutnya sudah mulai menata infrastruktur Desa Ranupani yang menjadi destinasi andalan.

4G Telkomsel Jangkau Pos 3 Jalur Pendakian Gunung SemeruFoto: Muhammad Aminudin/detikINET


"Ke depan pengembangan terus dijalankan bersama dengan program pemerintah pusat dalam mengembangkan 10 destinasi wisata, salah satunya Bromo Tengger Semeru," bebernya.

Hadirnya layanan jaringan tercanggih seluler akan sangat mendukung meningkatkan potensi pariwisata baik di Ranupani maupun jalur pendakian Gunung Semeru.

"Untuk sekarang, jaringan telepon menjadi kebutuhan sangat penting. Kini Ranupani sudah terlayani jaringan 4G," tandasnya. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed