Selasa, 27 Jun 2017 17:38 WIB

Geber 4G, Sampoerna Ganti Ceria dengan Net1

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) baru saja memperkenalkan layanan 4G LTE di frekuensi 450 MHz dengan mengusung nama Net1 Indonesia (Net1).

Dengan digelarnya layanan jaringan generasi keempat yang ditawarkan oleh Net1, itu artinya operator ini turut mewujudkan pemerataan akses internet berkualitas tinggi sampai ke pelosok Indonesia.

Sejauh ini layanan 4G LTE 450 MHz untuk Sulawesi Selatan, Maluku, Lombok, Aceh, dan Serang-Banten telah diluncurkan dan hasilnya diklaim disambut baik oleh masyarakat setempat untuk sisi upload dan download.

Sementara menurut CEO Net1 Larry Ridwan, Net1 sendiri merupakan layanan advanced dari STI untuk menggantikan merek dagang Ceria yang sebelumnya mereka gunakan saat pertama menggelar jaringan seluler.

"Kami siap memberikan layanan Net1 berbasis 4G LTE bagi masyarakat dan industri yang memerlukan akses data dan voice dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat di daerah suburban bahkan sampai ke pelosok," ucap Larry di Jakarta.

Dengan menggunakan frekuensi 450 MHz, maka Net1 dapat menyediakan 4G dengan jangkauan sinyal lebih luas dibanding frekuensi seluler di atasnya. Hal ini cocok untuk diterapkan di kawasan suburban dan rural (pedesaan), sehingga masyarakat di kawasan yang masih terbatas akan mendapatkan akses internet kualitas yang sama dengan di perkotaan.

Saat ini, tidak kurang 20 dari 115 operator CDMA 450 MHz di seluruh dunia sudah berevolusi menjadi 4G LTE. Pada umumnya, operator 450 MHz beroperasi di daerah khusus seperti suburban dan pedesaan atau menargetkan pangsa pasar yang segmented untuk korporasi, Machine to Machine (M2M) dan lainnya.

"Jangkauan sinyal 4G LTE di 450 MHz mampu mencapai jarak lebih dari 100 kilometer. Dengan kemampuan ini, kami akan lebih fokus membawa layanan Net1 4G LTE ke market segment yang high demand low supply," ujar Larry.

Kebutuhan akan teknologi 4G LTE dirasa sangat perlu bagi daerah-daerah di pelosok Indonesia dan diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dalam hal pemerintahan, pendidikan, logistik, kesehatan yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Seiring dengan perkembangan industri bisnis, terutama di pelosok area, tentunya juga diikuti dengan tingginya kebutuhan akses internet yang berkualitas. Kami melihat pasar telekomunikasi di sini masih sangat potensial untuk dikembangkan," tuturnya.

Untuk menggelar layanan Net1 mulai April lalu, Sampoerna telah mempersiapkan dan menguji kesiapan infrastruktur jaringan 4G LTE. Sebagai satu-satunya pemain yang bergerak di jaringan 450 MHz, Net1 mengaku akan terus berupaya untuk memberikan solusi alternatif internet cepat di seluruh Indonesia. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed