Sabtu, 24 Jun 2017 02:25 WIB

Ditinggal Mudik, Jaringan XL di Jabodetabek Lowong

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Menkominfo mengecek kesiapan jaringan mudik XL. Foto: Hasan Alhabshy Menkominfo mengecek kesiapan jaringan mudik XL. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Mudik sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia ketika Lebaran tiba. XL Axiata pun pasrah karena akan terjadi penurunan jumlah pelanggan besar-besaran di Jabodetabek.

Seperti dipaparkan I Gede Darmayusa, Vice President Service Operation Management XL Axiata, jumlah pelanggan XL di wilayah ini ketika Lebaran sudah pasti menurun. Hal ini karena pelanggan tengah asyik kumpul di kampung halamannya masing-masing.

"XL selalu memantau pergerakan pelanggan. Dari pantauan kami di H-3, sudah terjadi penurunan pelanggan 10% dari total pelanggan di Jabodetabek sebesar 15 juta," ucap Gede ketika ditemui detikINET tadi malam di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Jumlah ini terbilang meningkat drastis. Sebelumnya di 2016 lalu, ketika hari-H Lebaran terjadi penurunan 23%, dimana menurut pantauan XL, pelanggan ini menyebar ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan.

Karenanya, diperkirakan di hari-H terjadi penurunan yang lebih tinggi lagi. Meski begitu, penurunan ini dianggap menjadi keuntungan tersendiri bagi sejumlah pelanggan yang tidak mudik.

"Kalau kosong pelanggan, secara otomatis kapasitas jaringan juga lowong. Nah, ini jadi kesempatan bagi yang ingin memanfaatkan momen untuk streaming lebih ngebut dan sebagainya," kata Gede. (mag/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed