BERITA TERBARU
Senin, 19 Jun 2017 16:40 WIB

Pemerintah Umumkan Kesiapan Final Jaringan Mudik

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beserta Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan seluruh operator seluler melaporkan kesiapan jaringan telekomunikasi melayani arus mudik, Lebaran, dan arus balik 2017.

Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin menuturkan pihaknya bersama para operator seluler telah melakukan pengujian jaringan telekomunikasi di sejumlah kota dan area yang diprediksikan mengalami peningkatan serta pergerakan trafik telekomunikasi.

Dipaparkan olehnya, titik keberangkatan dari pemudik, yaitu Jakarta, Batam, dan Balikpapan. Selain itu pengecekan jaringan juga dilakukan di jalur kereta api di selatan dan utara, kemudian jalur darat dari Jakarta-Semarang dan Jakarta-Lampung.

Pemerintah Umumkan Kesiapan Final Jaringan MudikFoto: detikINET/Agus Tri Haryanto


"Semua titik kedatangan pemudik di tujuh kota, yaitu ada Medan, Surabaya, Makassar, Bandung, Padang, Lampung dan Semarang," papar Imam di gedung Kominfo, Senin (19/6/2017).

Imam melanjutkan dari hasil pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi para operator seluler di 10 kota tersebut, dinyatakan dapat melayani para pemudik yang ingin menggunakan layanan telekomunikasi selama perjalanan menuju kampung halaman.

Baca Juga: Menjajal Aplikasi Asyik Teman Mudik 2017

Dari hasil uji petik terhadap kualitas jaringan semua operator telekomunikasi seluler yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, Smartfren Telecom, dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia di semua titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam dan Balikpapan).

Kemudian, semua jalur mudik dan arus balik (kereta api jalur utara dan selatan, jalur darat Jakarta-Lampung dan Jakarta-Semarang) serta semua titik kedatangan mudik (Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Bandung, Semarang, Lampung).

"Secara keseluruhan, titik keberangkatan jalur mudik darat, kereta api, dan semua titik kedatangan, Alhamdulillah bisa kita sampaikan hasilnya baik dan siap melayani arus mudik, lebaran, dan arus balik 2017," tutur Imam.

Baca Juga: Pilihan Game Retro di Android, Seru untuk Teman Mudik

Pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap empat hal. Pertama, uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggil, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung. Kedua, uji kualitas layanan SMS dengan menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS.

Ketiga, uji kualitas Layanan Mobile Internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh, tingkat keberhasilan unduh serta Keempat, uji kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama di kota.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Meme Mudik Bertebaran

Pengujian kesiapan jaringan operator telekomunikasi di kota keberangkatan mudik, jalur mudik dan arus balik serta kota kedatangan mudik tersebut diatas dilakukan menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi keberangkatan kedatangan mudik antara lain Bandara, Stasiun, Terminal Bus, serta Pelabuhan Laut.

Selain itu juga dilakukan dengan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler di jalan-jalan utama.


Pemerintah Umumkan Kesiapan Final Jaringan MudikFoto: detikINET/Agus Tri Haryanto
(rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed