Rabu, 10 Mei 2017 14:09 WIB

THR Jadi Penyebab Trafik Data Lebaran Melonjak

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Setiap Hari Raya Lebaran bisa dipastikan tiap operator akan mengalami lonjakan trafik data dari para penggunanya. Padahal, saat libur panjang non lebaran tak ada lonjakan semacam itu.

Menurut XL Axiata, pada libur long weekend yang banyak terjadi pada 2 bulan belakangan ini trafik penggunaan datanya terbilang normal, dan malah cenderung menurun. Hal ini berbeda dengan libur lebaran, dimana dipastikan terjadi kenaikan trafik data.

"Long weekend kemarin trafik malah flat. Bisa dibilang malah terjadi penurunan penggunaan data, contohnya pada hari senin yang biasanya tinggi karena banyak orang pakai untuk menarik email pekerjaan," ujar I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL Axiata saat Media Gathering 2017 di Bali, Senin (8/5/2017).

Sementara pada Hari Raya Lebaran, trafik data yang melonjak itu dipengaruhi oleh penerimaan tunjangan hari raya (THR), yang akan menimbulkan keinginan dari pelanggan untuk membeli dan menggunakan lebih banyak kuota data.

"Libur lebaran berbeda dengan libur biasa, karena adanya THR. Pelanggan biasanya ingin untuk spend lebih banyak, contohnya untuk beli kuota," tambahnya.

Selama Hari Raya Lebaran 2017 ini XL memprediksikan akan terjadi kenaikan trafik data sebesar 30% sampai 40% dibandingkan dengan hari biasa, yang saat ini trafiknya mencapai 3.600 TB setiap harinya.

Untuk menghadapi hal tersebut, XL sudah menyiapkan sejumlah hal, salah satunya menambah kapasitas radio, transmisi dan core. Hal ini dilakukan karena konsumen saat ini tak sekadar membutuhkan cakupan sinyal di suatu area, melainkan juga butuh mengakses internet dengan lancar. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..