Jumat, 28 Apr 2017 18:21 WIB

Ditolak Hacker, Hooq: Tanya Saja ke Telkomsel

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Hacker penjebol situs Telkomsel mengaitkan nama Hooq dalam tuntutan mereka. Sayang ketika dimintai tanggapan, layanan streaming video tersebut ogah mengomentari.

"Mohon maaf kami tidak bisa memberikan jawaban. Terkait soal produk Video Max lebih relevan langsung ditanyakan ke pihak Telkomsel," kata Rara Wilis, Marketing Director HOOQ Indonesia saat dihubungi detikINET, Jumat (28/4/2017).

Seperti diketahui sejak kemarin malam hingga pagi tadi, di halaman website Telkomsel telah terjadi aksi defacing. Hacker yang meretas situs Telkomsel menampilkan keluhan tentang mahalnya tarif data internet operator itu.

Opertor yang identik warna merah ini memang menawarkan skema tarif yang cukup bervariasi. Namun justru variasi itu yang kemudian dikeluhkan oleh sang hacker saat mengusili tampilan situs Telkomsel.

"Gue kagak butuh HOOQ, VIU, iming-iming kuota music ame video lu. Gue cuma butuh KUOTA INTERNET. TITIK," demikian tulis sang peretas.

Namanya Disebut Hacker Situs Telkomsel, Hooq: No CommentFoto: Dok. Telkomsel


Telkomsel sebelumnya memang menggandeng sejumlah mitra sebagai penyedia konten. Untuk konten musik, digandenglah mitra seperti Joox, Guvera, dan LangitMusik, serta Viu dan Hooq untuk konten video.

Telkomsel menawarkan paket Music Max dengan kuota 2GB dengan harga Rp20.000. Penawaran itu berlaku untuk masa aktif selama 30 hari. Itu artinya mereka yang berlangganan paket ini dapat memutar lagu sepuasnya di aplikasi musik seperti Joox, Guvera, LangitMusik, aplikasi radio Prambors dan Gen FM.

Sementara untuk konten video, Telkomsel punya Viu, Hooq, dan Catchplay. Untuk mengaksesnya, pelanggan Telkomsel harus punya paket data VideoMax.

Paket VideoMax untuk Hooq bervariasi dari Rp 20.000 hingga Rp50.000. Harga Rp20.000 berlaku untuk pemakaian 30 hari dengan jumlah data 3GB. Sementara di harga Rp50.000 berlaku untuk 30 hari dengan kapasitas 7GB.

Sedangkan paket VideoMax untuk Viu dibanderol Rp80.000 untuk masa aktif 30 hari dengan kapasitas 12GB. Namun itu semua merupakan paket tambahan.

Di luar Viu dan Hooq, Telkomsel juga menawarkan layanan video streaming dari Catchplay, perusahaan asal Taiwan. Mereka menawarkan data 2GB untuk menonton berbagai film dengan masa aktif 30 hari dengan harga Rp66.000.

Jika dibandingkan kompetitor, Telkomsel punya jenis paket hiburan yang lebih variatif. Indosat misalnya dengan IM3 Ooredoo menawarkan semua 'paket sampingan' dalam satu paket internet besar bernama Freedom Combo.

Pengguna yang memakai paket internet itu bisa sekaligus menikmati layanan musik Spotify dan layanan video Iflix tanpa perlu membeli paket tambahan lain.

Harga paket Freedom Combo pun bervariasi mulai dari Rp59.000 dengan bonus 1GB untuk akses Spotify dan Iflix hingga paket senilai Rp199.000 dengan bonus akses kedua layanan itu sebanyak 5GB.

Saat ini detikINET masih coba menghubungi Viu untuk dimintai keterangan yang sama.

(afr/fyk)