BERITA TERBARU
Kamis, 20 Apr 2017 18:16 WIB

Telkom: Maaf, Kabel Kami Putus dan Tersambar Petir

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Abdus Somad Arif (detikINET/Achmad Rouzni Noor II) Abdus Somad Arif (detikINET/Achmad Rouzni Noor II)
Jakarta - Gangguan koneksi yang dialami Telkomsel ternyata imbas dari putusnya kabel optik milik sang induk usaha, Telkom. BUMN telekomunikasi itu pun membeberkan penyebabnya.

Dijelaskan, telah terjadi gangguan link Jakarta-Batam akibat putusnya fiber optik antara Rengat dan Sorek di Riau. Kemudian, gangguan link Surabaya-Kalimantan-Batam akibat terganggunya perangkat modul di Batam yang tersambar petir.

"Ada gangguan dua kaki backbone bersamaan. Di Batam kena efek sambaran petir, di Rengat FO putus. Trafik terganggu 50%. Sedang diupayakan secepatnya up," ungkap Direktur Network Telkom Group, Abdus Somad Arief kepada detikINET, Kamis (20/4/2017).

Keduanya jelas berdampak pada penurunan kualitas layanan internet Telkom Group, termasuk berimbas pada koneksi data di Telkomsel sejak siang hari ini. Sementara untuk layanan telekomunikasi suara (voice) diklaim tetap beroperasi dengan normal.

Telkom pun langsung gerak cepat dan semaksimal mungkin untuk perbaikan. Caranya dengan melakukan penyambungan kembali kabel fiber optik yang terputus serta perbaikan perangkat di Batam.

Selain itu juga upaya tambahan dengan memperbesar bandwith di jalur lain yang saat ini masih beroperasi dengan normal. Diharapkan layanan akan normal kembali secepatnya.

"Atas kejadian ini segenap manajemen Telkom Group menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas kesetiaan pelanggan menggunakan layanan kami. Telkom Group senantiasa berupaya meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia," sahut Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed