Selasa, 18 Apr 2017 17:30 WIB

Telkom Buka Blokir Netflix, Ini Reaksi Menkominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: irna/detikINET Foto: irna/detikINET
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Jakarta - Telkom akhirnya memastikan akan membuka blokir Netflix jika tercapai kesepakatan. Rencana itu pun ikut ditanggapi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Apa kata dia?

Seperti diketahui, pada awal 2016 lalu, Netflix melakukan ekspansi ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, layanan video on demand itu langsung diblokir oleh Telkom Group dengan alasan salah satunya adanya konten pornografi.

Setahun berselang, Telkom mulai luluh dan membuka akses pelanggannya untuk bisa menikmati layanan Netflix. Pembukaan blokir tersebut direncanakan dilakukan pada bulan depan.

"Itu cuma masalah bisnis saja," kata Rudiantara usai menghadiri deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Rudiantara tampak tak ingin lebih lanjut menanggapi kebijakan yang membuka blokir Netflix oleh Telkom sebagai perusahaan plat merah. Sebab, menurutnya itu sudah persoalan bisnis dan pemerintah tak ada campur tangan di dalamnya.

"Tanya lagi yang buka (Telkom), kenapa dulu diblok terus sekarang dibuka. Jangan tanya ke saya," ucapnya.

Pada dasarnya, Rudiantara menjelaskan kalau bicara layanan kategori Over-the-Top (OTT) seperti Netflix, maka mereka harus mendirikan usaha di sini atau bekerjasama dengan operator seluler.

"Dengan bekerjasama operator ini, kita bisa tagih, mulai dari pajak, billing, dan lain-lain. Operator seluler ini mewakili mereka," imbuhnya.

Saat ditanya mengenai aturan OTT yang belum disahkan juga menjadi Peraturan Menteri (Permen), Rudiantara menjawab bahwa itu hanya menunggu waktu saja.

"Aturan OTT belum ada, tunggu pajak selesai. Kalian tanya saja ke orang-orang pajak," kata Rudiantara. (rou/rou)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed