Sabtu, 25 Mar 2017 16:46 WIB

Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Selain dipakai untuk mengirim dan menerima pesan instan melalui akun Google Talk, aplikasi Hangouts juga bisa dipakai untuk menerima pesan SMS. Google pun berencana untuk menghapus fitur tersebut.

Beberapa waktu belakangan ini, Google sejatinya telah mengirim email kepada sejumlah pengguma yang isinya menginformasikan bilamana integrasi SMS di Hangouts akan segera berakhir. Untuk mempertegas komitmennya itu, Google pun membuat pernyataan resmi di laman blog resminya.

"Dalam beberapa minggu ke depan Anda akan melihat notifikasi di aplikasi Hangouts yang lama agar berganti ke aplikasi SMS yang ada di ponsel untuk menerima SMS, atau mendownload Android Message. Mengganti ke aplikasi SMS yang baru tidak akan berdampak pada berkas SMS Anda," tulis Google seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (24/3/2017).

Google memang dilaporkan berupaya untuk meningkatkan performa pada aplikasi Hangouts Meet dan Hangouts Chat. Dan pertimbangan untuk menghapus integrasi SMS tak lain merupakan bagian dari Google untuk menjadikan Hangouts sebagai alat untuk berkomunikasi dalam konteks pekerjaan.

Google sendiri dalam beberapa tahun belakang sudah menghadirkan sejumlah peningkatan pada Hangouts, seperti misalnya video, group chat, dan Google voice.

Rencananya update ini akan terjadi pada 22 Mei 2017. Pengguna akan mendapat notifikasi di 27 Maret 2017 yang isinya menyuruh untuk mengganti aplikasi SMS. Walau fitur penerima SMS hilang, Anda masih akan tetap bisa menggunakan Google Voice di Hangouts. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed