Rabu, 23 Nov 2016 09:40 WIB

Laporan dari Singapura

Ini Alasan Telkom Bangun Data Center di Singapura

Muhammad Idris - detikInet
Ilustrasi data center Ilustrasi data center
Singapura - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) lewat anak usahanya, Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore), telah mengoperasikan data center baru seluas 20.000 meter persegi di Jurong, Singapura.

VP Corporate Communication Telkom, Arief Prabowo mengatakan, selain alasan bisnis, Singapura dipilih sebagai lokasi data center lantaran tingkat keamanan yang tinggi dan beberapa tawaran menarik dari pemerintah Singapura.

"Dari otoritas Singapura mereka menawarkan satu kawasan ekosistem digital seperti di Silicon Valley. Kita cari yang lebih secure dari sisi keamanan, politik, maupun ekonomi," kata Arief di Suntec Exhibition Centre, Singapura, Selasa (22/11/2016).

Sementara dari sisi bisnis, penempatan data center di Singapura juga lebih menguntungkan untuk menjaring perusahaan-perusahaan global yang memiliki basis di Negeri Singa itu.

"Untuk memudahkan akses ke pelanggan. Singapura kita tahu kan jadi hub, termasuk hub maritim, hub penerbangan. Pelanggan kita kan institusi yang mau kembangkan bisnis di regional Asia Tenggara," ujar Arief.

Fasilitas Telin-3 ini sendiri merupakan data center ketiga milik Telin Singapore setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Dia menyebut, Telin-3 yang dibangun di Jurong memang menyasar pelanggan perusahaan di luar Indonesia. Sementara di Indoesia sendiri, Telkom mengoperasikan 100.000 meter persegi data center yang tersebar di berbagai tempat. (/rns)