Pemerintah Diminta Siap-siap Hadapi Era 5G

Laporan dari Sydney

Pemerintah Diminta Siap-siap Hadapi Era 5G

Nur Khafifah - detikInet
Jumat, 04 Nov 2016 08:15 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Sydney - Huawei tengah berupaya menginisiasi penerapan teknologi 5G. Peran pemerintah dari berbagai negara, diharapkan akan sangat membantu kesuksesan penerapan teknologi ini.

Vice President 5G Marketing Huawei Uni Eropa, Abdurazak Mudesir mengatakan, Huawei akan mulai menerapkan teknologi 5G pada tahun 2020. Saat ini pihaknya sedang gencar menerapkan berbagai teknologi baru untuk menuju era 5G, salah satunya adalah peningkatan bandwith.

"Di 5G, kita butuh bandwith yang jauh lebih besar, 1 Gb per operator. 200 Mhz tidak cukup lagi," kata Abdurazak dalam acara Innovation Day Huawei.

Kapasitas traffic yang dibutuhkan juga akan meningkat hingga 100 kali lipat. Spektrum yang dibutuhkan juga lebih besar.

Selain persiapan teknologi, peran pemerintah juga sangat penting. Pemerintah diharapkan akan menyiapkan infrastruktur yang memadai untuk mendorong era baru dalam dunia teknologi ini.

"Kita membutuhkan pembangunan konstruksi yang lebih cepat dan arsitektur network baru," ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Abdur ini, kesiapan tersebut sejatinya tidak terlalu menyulitkan. Mengingat saat ini sudah era 4G, untuk mencapai 5G yang segala sesuatunya sudah smart, jadi tidak terlalu berat. Apalagi beberapa negara juga sudah mulai menerapkan 4.5G.

Selain infrastruktur, peran pemerintah dalam menyediakan regulasi juga tak kalah penting. Pemerintah masing-masing negara diharapkan memberi peluang masuknya 5G melalui regulasi yang memadai.

"Regulasi yang dibutuhkan adalah yang memungkinkan penyediaan site lebih luas bersamaan dengan pembuatan proses aplikasi yang lebih efisien," terangnya.

Saat ini, Huawei terus menyiapkan peluang besar dalam industri vertikal. Seperti membangun ekosistem lokal, mengeksplor model bisnis hingga mengolah skill dan sumber daya manusia. Di era 5G, segala sesuatu akan lebih smart dan memudahkan pekerjaan manusia.

(khf/yud)
Debat Capres AS