BERITA TERBARU
Jumat, 30 Sep 2016 08:08 WIB

Evakuasi Korban Banjir Garut, Aplikasi Ini Jadi Andalan Relawan

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. Telkomsel Foto: dok. Telkomsel
Garut - Guna membantu operasional lapangan para relawan dalam melakukan evakuasi dan pemulihan pasca bencana banjir bandang di Garut, ada sebuah aplikasi yang saat itu jadi andalan. Aplikasi apa?

Aplikasi yang dimaksud adalah TERRA. Aplikasi ini kepunyaaan Telkomsel. Namanya saja TERRA yang artinya Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity.

Seperti detikINET kutip dari keterangan Telkomsel, Jumat, (30/9/2016), TERRA merupakan aplikasi Mapper Tracker berbasis online digital map database yang menyediakan sejumlah data penting terkait proses tanggap bencana.

Misalnya, seperti informasi lokasi kantor pemerintahan daerah setempat, kantor Kepolisian, serta Markas TNI terdekat yang biasanya menjadi lokasi Posko Utama Penanganan Bencana Alam.

Aplikasi ini juga menampilkan profil relawan beserta keahlian individunya dalam penanganan bencana, serta menunjukkan lokasi terdekat para relawan sehingga memudahkan mobilisasi mereka untuk percepatan tanggap bencana.


Melalui aplikasi TERRA, tim relawan juga bisa menggetahui lokasi BTS Telkomsel terdekat, sehingga diharapkan dapat membantu para relawan mendapatkan kualitas jaringan yang paling maksimal ketika berkoordinasi di lapangan.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan layanan SMS untuk memastikan kesiapan relawan serta layanan update foto dan video kondisi lokasi bencana secara real time.

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid mengatakan aplikasi ini juga dapat menunjukkan titik layanan pelanggan Telkomsel dan Telkom Group terdekat dengan lokasi bencana, sehingga diharapkan kebutuhan pelanggan tetap bisa terpenuhi.

Ke depannya, kata dia, fitur aplikasi ini akan terus dikembangkan sehingga fungsinya tidak hanya menyediakan informasi untuk respons dan pemulihan bencana alam saja, namun juga informasi untuk pencegahan dan antisipasi bencana sejak dini.

"Misalnya, dengan mengintegrasikan secara real time dengan layanan CCTV yang ada di sejumlah titik krusial seperti di Bendungan Katulampa atau Gunung Bromo," ujarnya.

Pasca banjir bandang di Garut, Telkomsel masih tetap konsisten membantu pemerintah daerah setempat memulihkan kondisi warga dan insfrastuktur yang rusak terkena dampak bencana.

Selain membantu operasional lapangan para relawan dalam melakukan evakuasi dan pemulihan pasca bencana, anak usaha Telkom itu juga memberikan bantuan tambahan dalam bentuk penyediaan sarana sanitasi, pendidikan anak seperti seragam dan peralatan sekolah, sarana kelengkapan rumah tangga dan sarana kebersihan.

"Kami berharap kepedulian Telkomsel untuk membantu korban sejak awal hingga pasca bencana dapat memberikan manfaat dan mendorong warga Garut untuk bangkit kembali memulihkan kehidupannya," pungkas Mas'ud. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Terkuak, Spek Samsung Galaxy J4 (2018)

    Terkuak, Spek Samsung Galaxy J4 (2018)

    Minggu, 18 Feb 2018 08:16 WIB
    Tak hanya fokus menggarap ponsel flagship Galaxy S9, Samsung juga kabarnya menyiapkan ponsel kelas entry-level terbaru di tahun ini.
  • #PersijaDay Menggema di Ajang #PialaPresiden

    #PersijaDay Menggema di Ajang #PialaPresiden

    Minggu, 18 Feb 2018 06:38 WIB
    Euforia kemenangan Persija Jakarta atas Bali United di final Piala Presiden 2018 menular hingga ke Twitterland. Hashtag #PersijaDay masih menggema di Twitter.
  • Hapus Fitur View Image, Google Diprotes

    Hapus Fitur 'View Image', Google Diprotes

    Sabtu, 17 Feb 2018 21:04 WIB
    Keputusan Google menghapus fitur 'View Image' mendapat protes keras dari pengguna. Banyak yang keberatan karena Google dianggap mempersulit pencarian gambar.
  • Fotostop: Nuansa Imlek Kuis

    Fotostop: Nuansa Imlek

    Sabtu, 17 Feb 2018 20:56 WIB
    Gelaran lomba fotostop detikINET kali ini mengambil tema 'Nuansa Imlek'. Berbagai ornamen serta nuansa warna merah bisa dijadikan objek foto yang menarik.