Kamis, 18 Ags 2016 08:22 WIB

Bangun Perpustakaan Digital, Sukabumi Menuju Smart City

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. Indosat Ooredoo Foto: dok. Indosat Ooredoo
Sukabumi - Pemerintah Kota Sukabumi bersama Indosat Ooredoo meluncurkan aplikasi perpustakaan digital i-Sukabumi sebagai langkah awal kolaborasi keduanya untuk mewujudkan Smart City.

Perpustakaan digital pertama di Jawa Barat ini memiliki koleksi buku elektronik yang cukup lengkap dan bisa langsung dinikmati masyarakat secara gratis. Dalam peluncurannya, ada 2.500 judul buku yang didonasikan Indosat.

Aplikasi perpustakaan digital yang dibangun Aksaramaya ini, bertujuan untuk mendorong minat baca masyarakat setempat menuju Smart Society yang menjadi salah satu pilar Smart City berbasis teknologi Informasi.

Dengan komitmen untuk mendukung transformasi kota menjadi Smart City dan dengan solusi Single Window City Dashboard yang lengkap ditambah dengan aplikasi perpustakaan digital ini, Indosat mendapatkan kepercayaan dari Pemkot Sukabumi untuk bekerja sama menguji coba platform Smart City.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara President Director & CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli dan Walikota Sukabumi Mohamad Muraz, kedua belah pihak sepakat untuk bersama-sama memulai transformasi Kota Sukabumi menuju kota cerdas.

Menurut sang walikota, peluncuran i-Sukabumi disertai dengan penandatanganan MoU Smart City ini adalah bukti bahwa Pemerintah Kota Sukabumi sangat peduli terhadap pemanfaatkan perkembangan teknologi solusi ICT untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakatnya.

"Ke depannya dengan penerapan konsep Smart City di Sukabumi ini, pemerintah kota akan mewujudkan pelaksanaan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Sukabumi dengan lebih cepat, lebih tepat, dan lebih transparan," kata Mohamad Muraz dalam keterangan pers Indosat, Kamis (18/8/2016).


Sementara Alexander Rusli mengatakan, komitmen Indosat Ooredoo adalah untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi ICT bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik.

"Bagi Indosat Ooredoo, implementasi Smart City adalah suatu lompatan layanan menuju masyarakat pintar yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, lebih transparan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Indosat juga menyerahkan satu unit mobil ambulance jenazah sebagai wujud Corporate Social Responsibility. Mobil ambulance jenazah ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Pemkot Sukabumi untuk melayani masyarakat sekitar yang membutuhkan. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed