Kamis, 11 Agu 2016 20:12 WIB

Balon Google Dipastikan Tetap Terbang di Indonesia

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta - Setelah hampir setahun lebih, pembahasan soal implementasi uji coba Project Loon di Indonesia ternyata masih terus berlanjut dan dipastikan mengudara tahun 2016 ini.

Bahkan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, mengaku baru saja menemui pihak X yang merupakan perusahaan yang menjalankan proyek balon internet Google ini.

Seperti diketahui, Project Loon atau balon internet Google merupakan inovasi teknologi yang dikeluarkan oleh Google X. Namun, kini perusahaan tersebut tinggal bernama X saja.

"Baru saja orang X yang ngurus Loon tadi ketemu saya. Mereka mau update ke kita dari sisi keamanan, dan mereka sudah komunikasi dengan Mabes TNI," ucap menteri yang akrab disapa Chief RA itu di gedung Kominfo, Jakarta, Kamis, (11/8/2016).

Rudiantara melanjutkan, kemudian X juga harus mengurus izin lalu lintas udara kepada Kementerian Perhubungan, sebagai syarat sebelum balon internet Google tersebut dapat mengudara di wilayah Nusantara.

Namun, karena waktu itu terjadi pergantian di puncuk Menteri Perhubungan dari Ignasius Jonan ke Budi Karya Sumadi, proses izin dari instansi tersebut jadi tersendat.

"Sebelum pergantian menteri, mereka sudah (mulai mengurus perizinan), tapi karena menterinya baru lagi, nanti diperbarui lagi," ungkap Chief RA.

Saat ditanya soal pembagian wilayah untuk pengoperasian Project Loon di Tanah Air, Rudiantara mengaku belum tahu. Ia hanya memastikan bahwa Project Loon akan mengudara tahun ini juga.

Untuk diketahui, pengujian balon internet Google itu bekerjasama dengan tiga operator seluler, Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo. "Oh, iya pasti tahun ini Loon terbang," tutup Chief RA. (rou/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed