Jumat, 17 Jun 2016 17:30 WIB

Jadilah Saksi Sejarah, Tonton Peluncuran BRIsat Secara Langsung

Angga Aliya ZRF - detikInet
Foto: Dok. Arianespace Foto: Dok. Arianespace
Jakarta - Peluncuran satelit PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tinggal menghitung jam. Tak lama lagi BRIsat akan mengudara, diluncurkan dari Guiana Space Center, Kourou, French Guiana.

Waktu peluncuran adalah sekitar Pukul 17.00-18.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 03.00-04.00 WIB, Sabtu 18 Juni 2016 dini hari.

Posisi Kourou dipilih jadi pusat peluncuran satelit Eropa, karena lokasinya yang dekat dengan garis khatulistiwa. French Guiana yang bertetangga dengan Suriname ini juga memiliki cuaca yang stabil. Sehingga cocok untuk peluncuran roket.

Roket pembawa satelit BRIsat ini dibuat oleh Arianespace, perusahaan pembuat roket asal Prancis. Sementara satelit BRIsat dibuat oleh SSL, perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Sudah ada 520 satelit yang diluncurkan oleh Arianespace.

BRIsat akan menjangkau wilayah layanan Indonesia dan negara-negara ASEAN, Asia Timur, sebagian Pasifik, serta Australia Barat. Satelit ini akan memiliki 36 x 36 MHz transponder C-Band dan 9 x 72 MHz Ku-Band.

Ada 45 transponder yang dimiliki BRIsat. Dari jumlah itu, 4 transponder akan dialokasikan untuk kepentingan negara.

Peluncuran satelit ini akan menoreh catatan sejarah. Sebab, BRI menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri.

Nah, jangan ketinggalan untuk jadi saksi sejarah. Pantau langsung peluncuran BRIsat di detikcom.

Klik tautan di bawah ini untuk live streaming! (ang/ash)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed