Minggu, 05 Jun 2016 16:16 WIB

XL Gaet BlackBerry Bikin Nomor Virtual: 1 Kartu 3 Nomor

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. XL Axiata Foto: dok. XL Axiata
Jakarta - XL Axiata menggaet BlackBerry untuk menghadirkan layanan nomor virtual alias Novi yang memungkinkan pelanggan operator seluler itu untuk menggunakan beberapa nomor pada satu perangkat ponsel.

Chief Brand and Customer Experience Officer XL Nicanor V Santiago, menjamin keamanan layanan ini karena diperkuat teknologi BlackBerry yang saat ini fokus menyediakan solusi perangkat lunak lintas sistem operasi (cross-platform).

"Novi merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan memiliki nomor lebih dari satu namun dapat dioperasikan pada satu ponsel saja," kata Nicanor dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (5/6/2016).

Melalui Novi, pelanggan XL bisa menggunkana tiga nomor ponsel pada satu perangkat. Misalnya, nomor utama untuk keluarga dan teman, nomor kedua untuk keperluan bisnis, dan nomor ketiga untuk kebutuhan penggunaan aplikasi semacam transportasi online atau jejaring sosial.

Meskipun punya tiga nomor, namun pelanggan hanya butuh satu kartu SIM fisik. Walau demikian, pulsa yang ada di kartu SIM tersebut bisa juga digunakan untuk berbagai kebutuhan berbeda di ketiga nomor yang ada.

Selain itu, data identitas pelanggan yang terdaftar juga akan menggunakan data yang sama pada kartu SIM. Layanan Novi ini sendiri dapat dipakai oleh pengguna prabayar maupun pascabayar di feature phone maupun smartphone.

Sementara President Global Sales BlackBerry, Carl Wiese mengemukakan Indonesia selama ini menjadi pasar yang penting bagi BlackBerry. Sehingga ia optimistis kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan diterima oleh konsumen di Tanah Air.

"Peluncuran ini menunjukkan betapa luasnya kemampuan software cross-platform dari kami dalam menciptakan nilai bagi para mitra melalui solusi mobilitas terpercaya yang membantu konsumen dan mitra bisnis mampu beroperasi secara produktif," tukasnya. (rou/rou)