Sabtu, 14 Mei 2016 17:48 WIB

Ekspedisi Langit Nusantara

Elang Nusa Akhiri Petualangan di Pulau Dewata

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto: detikINET - Ardhi Suryadi Foto: detikINET - Ardhi Suryadi
Denpasar - Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) yang digagas Telkomsel akhirnya merampungkan petualangannya untuk menangkap keindahan Indonesia dari udara.

Kedua drone — yang diberi nama Elang Barat dan Elang Timur -- sukses melintasi 50 kota Indonesia mulai 14 April 2016 dan bertemu sebulan kemudian untuk mengakhiri perjalanan di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Seperti diketahui, Elang Barat merupakan drone berwarna merah yang memulai perjalanan jalur barat dari Sabang dan melalui Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur, dikelir dengan warna putih dan berangkat dari Merauke dimana bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Kini setelah sebulan menjelajah atau tepatnya pada 14 Mei 2016, Elang Barat dan Elang Timur telah mengakhiri ekspedisinya dan dipertemukan di Bali.

Dalam ekspedisi yang berlangsung satu bulan penuh ini, kehandalan jaringan broadband Telkomsel mendukung secara penuh proses untuk menggunggah hasil tangkapan kamera dari drone Elang Barat dan Elang Timur ke www.telkomsel.com/elangnusa, di mana hingga akhir program, tayangan video streaming ini telah disaksikan oleh masyarakat selama sekitar lebih dari 75 juta menit, dengan lebih dari 24 juta kali view.

Adapun kecepatan rata-rata akses data selama perjalanan Elang Nusa berlangsung tercatat baik, di mana untuk download berada di angka 19,7 Mbps dan upload di angka 9,6 Mbps.

Vice President Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana menjelaskan, dari trafik yang masuk ternyata pengakses video streaming Elang Nusa tak cuma dari Indonesia, tak sedikit pula berasal dari negara lain.

"Trafiknya itu 90% pengaksesnya dari Indonesia dan 10% di antaranya dari negara lain, seperti Amerika Serikat dan selanjutnya adalah Singapura. Jadi kami surprise juga, ternyata video streaming dari Elang Nusa memikat banyak orang, ini melebihi target kami," lanjut Nirwan yang juga merupakan Chief The Mission dari program Elang Nusa ini saat acara akhir perjalanan Elang Nusa di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu (14/5/2016).

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi juga menegaskan komitmen Telkomsel sebagai operator paling Indonesia untuk membangun infrastruktur telekomunikasi dari Sabang sampai Merauke.

"Bisa dilihat dari pengalaman kami sebulan ini, dimana di Papua ternyata juga tinggi permintaan masyarakat akan broadband. Tidak kalah dengan di Jawa, dan kami ingin membawa pengalaman broadband tersebut dari ujung Indonesia sampai ujung Indonesia," kata Sukardi.

"Kami bersyukur perjalanan Elang Nusa selama satu bulan penuh dapat terlaksana dengan baik, dan mampu menghadirkan tayangan video streaming keindahan Indonesia di berbagai lokasi, melalui dukungan jaringan broadband Telkomsel. Satu koneksi, satukan negeri," lanjutnya.

Dalam perjalanannya menangkap berbagai keindahan alam Indonesia dari udara sejauh 8.500 km, Elang Barat dan Timur juga menyapa langsung masyarakat melalui berbagai aktivitas menarik yang menunjukkan keunggulan layanan broadband, seperti di kota Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta, Malang, Banjarmasin, dan Makassar.

Selain itu diadakan pula seminar seputar pemanfaatan teknologi digital untuk pengembangan sektor UKM, pariwisata dan kreatif, yang melibatkan pemangku kepentingan setempat, termasuk pemerintah daerah.

"Dengan semakin terhubungnya masyarakat Indonesia, maka kehadiran layanan broadband ini diharapkan dapat mendorong produktivitas masyarakat di berbagai daerah, seperti dalam aspek sosial, ekonomi, pariwisata, industri kreatif dan lainnya," imbuh Sukardi.

Serangkaian aktivitas dilakukan untuk menyambut tibanya drone Elang Barat dan Elang Timur di lokasi pendaratan di Garuda Wisnu Kencana, Bali seperti marching band Universitas Warmadewa, dan pertunjukan teatrikal dari Devdan.

Ekspedisi ini juga mendapat sambutan yang positif dari pemerintah. Adapun acara pendaratan akhir kedua buah drone ini juga disaksikan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya.

"Elang Nusa sekaligus menunjukkan adanya sinergi dalam tiga industri: transportasi, pariwisata dan telekomunikasi. Selamat kepada Telkomsel yang telah sukses menunjukkan kemampuan performa jaringannya dari Sabang sampai Merauke melalui Elang Nusa," tandas Arief.

Akhir Perjalanan drone Elang Barat dan Elang Timur dalam program Ekspedisi Langit Nusantara Telkomsel pun diakhiri dengan menyerahkan remote control kedua drone tersebut kepada Menpar Arief Yahya dan Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, untuk kemudian dinonaktifkan sebagai simbolisisasi akhir ekspedisi tersebut. (ash/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed