Senin, 09 Mei 2016 07:40 WIB

Ekspedisi Langit Nusantara

Malang Jadi Salah Satu Ikon Kota Broadband

Muhammad Aminudin - detikInet
Foto: Muhammad Aminudin Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Malang telah dianggap menjadi salah satu ikon kota broadband di Indonesia jika melihat pesatnya penggunaan smartphone 4G dan lonjakan akses trafik data internet.

Kondisi ini pun membuat Telkomsel langsung gerak cepat menghadirkan layanan 4G LTE di kota Malang agar pelanggan bisa merasakan pengalaman mobile broadband terbaik dan layanan digital lifestyle yang lengkap.

Beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di kota terbesar kedua di Jawa Timur ini menyusul layanan serupa yang telah lebih dulu komersial di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado,  Batam, Yogyakarta, dan Balikpapan.

Secara nasional Telkomsel telah memiliki lebih dari 2.200 eNode B alias BTS 4G, dengan sekitar dua juta pelanggan 4G yang menjadikannya komunitas 4G LTE terbesar di Indonesia.

"Kita, Kota Malang memang memberikan kontribusi luar biasa. Bagaimana masyarakat sangat membutuhkan penggunaan akses data cepat melalui 4G," ujar Wali Kota Malang, Anton kepada detikINET di sela pendaratan Elang Barat di Lapangan Rampal, Minggu petang (8/5/2016).

Abah Anton begitu akrab disapa mengaku, ikon broadband terbaik juga dipengaruhi Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Malang, di mana kesemuanya sudah memiliki handset berbasis 4G.

Abah Anton menambahkan, hadirnya layanan 4G turut mendukung dunia kreatif digital di Kota Malang. Karena, banyak anak-anak muda berbakat yang tentunya membutuhkan akses kecepatan layanan data.

"Di sini banyak industri kreatif digital yang pastinya merupakan potensi luar biasa," sebut Anton.

Vice President Sales and Marketing Telkomsel Jawa Bali, Ericson Sibagariang menyampaikan, proses perjalanan Elang Barat melewati Kota Malang untuk menangkap dan mengunggah hasil video didukung dari sisi insfratruktur.

Menurutnya, kota Malang memiliki lebih dari 916 BTS 3G dan 4G, yang memberikan pelanggan kualitas terbaik dalam menikmati layanan data.

"Kota Malang memang salah satu ikon broadband terbaik kita. Itu menjadi salah satu pertimbangan drone Elang Barat mendarat," tuturnya terpisah.

Malang merupakan salah kota yang dilintasi Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) Telkomsel, perjalanan selama sebulan dari Sabang dan Merauke sejauh 8.500 km.

Dua drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,4 m diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia.

Elang Barat memulai perjalanan dari Sabang, dan akan menempuh beberapa kota di antaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang.

Sementara Elang Timur berangkat pada hari yang sama dari Merauke ke Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah ke situs www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.  

Di akhir perjalanan, pada 14 Mei 2016, kedua drone Elang Barat dan Elang Timur akan bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Denpasar.

Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed