Sabtu, 30 Apr 2016 17:12 WIB

Ekspedisi Langit Nusantara

Sampurasun, Elang Barat Mendarat di Kota Santri

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET - Adi Fida Rahman Foto: detikINET - Adi Fida Rahman
Tasikmalaya - Usai menjelajahi sejumlah kota di Pulau Sumatera, drone Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) yang melintas di jalur barat Indonesia (Elang Barat) tiba di tanah Jawa.

Elang Barat mendarat di pulau Jawa pada 27 April lalu. Jakarta menjadi kota pertama yang didarati. Setelah menyambangi Bogor dan Bandung, drone Elang Barat pun tiba di Kota Tasikmalaya pada Sabtu siang (30/4/2016).

General Manager Sales Telkomsel Area Jawa Barat Hasan Kurdi mengatakan Tasikmalaya menjadi salah satu titik pemberhentian Elang Nusa yang menjelajahi jalur Barat Indonesia. Ini dikarenakan kota yang berada di daerah Parahyangan Timur itu memiliki arti penting bagi Telkomsel.

"Pengunaan data untuk internet di Tasikmalaya sangat tinggi. Hadirnya Elang Barat sebagai bentuk pembuktian kami bahwa Telkomsel tidak setengah hati memberikan layanan pada masyarakat Kota Tasikmalaya," ujarnya.
Begitu tiba di Kota Santri, drone berukuran besar itu langsung disambut sejumlah komunitas. Beberapa diantaranya adalah Penggemar Photografi Tasikmalaya (PFT), Komunitas Photografi Amatir Tasikmalaya (KoFAT), Tasikmalaya Drone Community (TDC) dan Komunitas Cosplay Tasikmalaya.

Elang Barat pun lantas diarak dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Wiriadinata menuju lapangan Dadaha yang menjadi pusat kegiatan. Di sepanjang jalan, drone Elang Barat dikawal oleh sejumlah komunitas otomotif, diantaranya Komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI PRIANGAN TIMUR), Komunitas Datsun Go Club Indonesia (DGCI), Komunitas Vespa (MOVE), Komunitas CBR Club Indonesia Region Tasikmalaya, dan Komunitas Blazer Indonesia Club Rayon Tasikmalaya (BAYONET).
"Kami ingin mengajak masyarakat dan berbagai komunitas di Tasikmalaya dapat melihat lebih dekat drone berukuran besar yang menangkap keindahan Indonesia di jalur Barat dari udara," kata Hasan.

Seperti diketahui ekspedisi Elang Nusa berlangsung selama satu bulan penuh, mulai dari 14 April hingga 14 Mei 2016. Lewat ekspedisi ini, Telkomsel mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama menguji keandalan jaringan broadband Telkomsel, baik 3G maupun 4G.

"Berkat kehadiran mobile broadband, saat ini masyarakat Indonesia pun semakin terhubung satu sama lain. Kehadiran layanan broadband dari Telkomsel yang berkualitas di berbagai daerah seperti di Tasikmalaya ini kami harap juga akan mendorong produktivitas masyarakat di berbagai aspek seperti dari sisi ekonomi, pariwisata, industri kreatif, dan lainnya", tutup Hasan.

Dalam ekspedisi Elang Nusa, dua buah drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dengan bentangan sayap hingga 2,5 m akan melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia. Keduanya diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 km.

Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.

Elang Barat akan memulai perjalanan dari Sabang dan akan menempuh beberapa kota diantaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur, akan berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo.

Di akhir perjalanan kedua drone akan bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Selain menangkap berbagai keindahan dari alam Indonesia, dalam perjalanannya, Elang Barat dan Elang Timur juga akan menyapa masyarakat yang berada di kota-kota yang dilewati.

Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia. (afr/asj)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed