Ini Strategi Agar Pemain OTT Nasional Makin Dikenal

Ini Strategi Agar Pemain OTT Nasional Makin Dikenal

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Rabu, 30 Mar 2016 17:29 WIB
Foto: detikINET/Adi Fida Rachman
Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh lndonesia (ATSI) bersama pemerintah sejak beberapa tahun yang lalu menyatakan dukungan terhadap pemain Over the Top (OTT) lokal. Salah satu caranya dengan broadcast melalui SMS. Namun, ternyata masih ada cara lain yang akan dilakukan guna menumbuhkan awareness masyarakat terhadap OTT lokal.

Ketua Umum ATSI Alexander Rusli memaparkan bahwa ke depannya pihaknya akan membuat program-program lain yang bisa mendorong pertumbuhan OTT lokal. Misalnya saja dengan memanfaatkan MMS.

"Jadi ada program yang sekarang lagi digodok. Intinya, nantinya akan mengkombinasikan SMS, MMS, dan mempromosikan melalui event-event yang dibuat oleh operator," ujar Alex ketika ditemui seusai acara peluncuran Spotify di Potato Head Garage, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Alex pun menyadari apabila dukungan hanya lewat SMS dinilai tidak akan efektif. "Betul melalui SMS saat ini tidak efektif. Orang akan berpikir 'apa sih nih SMS?' paling langsung dihapus," ungkap Alex.

ATSI sendiri beberapa waktu lalu sudah memutuskan tiga OTT nasional yang mendapat dukungan penuh. Adapun tiga OTT nasional tersebut antara lain Qlue (qlue.co.id), Catfiz (catfiz.com), dan Sebangsa (sebangsa.com).

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara dalam sebuah kesempatan berharap ketiganya akan mampu menjadi katalisator bagi pengembangan industri kreatif yang berbasis pada teknologi digital. Menurutnya, masyarakat Indonesia sangat aktif menggunakan berbagai produk digital. (mag/fyk)