Rabu, 02 Mar 2016 22:45 WIB

Gempa Mentawai, Telkomsel Pastikan Jaringan Aman

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Jakarta - Infrastruktur telekomunikasi Telkomsel dilaporkan tak terkena gangguan pasca gempa bumi 7,8 skala richter yang berpusat di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.  

Vice President Corporate Communication Telkomsel Adita Irawati memaparkan, terdapat lebih dari 2.400 Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel yang berada di Sumatera Barat.

Jumlah ini merupakan bagian total lebih dari 8.200 BTS di regional Sumbagteng (Ridar, Kepri dan Sumbar) yang kini melayani lebih dari 13,5 juta pelanggan.

"Secara keseluruhan, jaringan Telkomsel tetap berfungsi normal dan tetap dapat melayani kebutuhan warga untuk melakukan komunikasi menggunakan perangkat telepon selular mereka," kata Adita, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Rabu (2/3/2016).

"Untuk menjaga performansi jaringan di daerah terkena dampak bencana, tim Network Operation Telkomsel secara terus menerus memantau perkembangan performansi network agar tetap dapat melayani pelanggan dengan baik," lanjutnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah membuat analisis awal soal gempa di Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat. Penyebabnya adalah pergeseran lempeng di lempeng Indo-Australia.

"Sumber gempa dari sistem patahan Investigator Fracture Zone (IFZ) di Samudera Hindia menyebabkan pergeseran lempeng secara mendasar, sehingga tidak akan membangkitkan tsunami besar, berupa sistem sesar transform," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (2/3/2016).

IFZ adalah patahan kerak samudera di lempeng Indo-Australia. Gempa di Mentawai ini mirip dengan gempa di Simeulue, Aceh, 11 April 2012 lalu.

Sutopo menegaskan belum ada informasi soal kerusakan ataupun korban jiwa dari gempa ini. Namun memang belum ada komunikasi dengan warga Mentawai.

"Dilaporkan bahwa kondisi di daratan Sumatera masih aman. Sedangkan komunikasi dengam BPBD Mentawai masih terus dilakukan. Belum ada laporan korban jiwa, kerusakan dan informasi datangnya tsunami di pantai barat Sumatera mulai dari Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu dan Lampung. BNPB masih terus berusaha memperoleh informasi dari BPBD," tutupnya.

(ash/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed