BERITA TERBARU
Sabtu, 19 Des 2015 10:02 WIB

Dihampiri 4G, Pekanbaru Selangkah Menuju Smart City

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
peluncuran telkomsel 4g di pekanbaru (rou/detikINET) peluncuran telkomsel 4g di pekanbaru (rou/detikINET)
Pekanbaru - Kehadiran 4G Telkomsel disambut hangat oleh Firdaus, Walikota Pekanbaru. Pasalnya, dengan tersedianya akses mobile broadband itu membuat kota yang dipimpinnya selangkah lebih dekat menuju smart city.

Smart city alias kota pintar, belakangan mulai jadi tren para pemimpin kota. Mulai dari Ridwan Kamil, Azwar Anas, hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun ikut membicarakannya dan berencana mengimplementasikannya.

Pun demikian juga dengan Firdaus. Sejak ia dipercaya memimpin kota Pekanbaru pada 2012 lalu, pria kelahiran 2 Mei 1960 itu pun langsung merancang program smart city. Tiga tahun digeber, program itu pun makin matang dengan hadirnya 4G.

"Kehadiran 4G memudahkan aktivitas di semua sektor. Tidak cuma ekonomi tapi juga pendidikan dan kesehatan. Itu yang tengah kami kembangkan untuk smart city," ujarnya saat ditemui di Pekanbaru dalam acara peluncuran 4G Telkomsel di mal SKA, Jumat malam (18/12/2015).

Menurutnya, untuk menjadikan kota Pekanbaru sebagai smart city, ada enam indikator. Mulai dari smart government, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart mobility.

"Dengan dukungan teknologi, salah satunya 4G ini, kita bisa menghubungkan itu semua. Karena, siapapun yang menguasai informasi pertama kali, dia yang akan jadi pemenang. Itu sebabnya 4G pegang peranan penting untuk menuju smart city," jelas Firdaus.

Untuk menjadikan Pekanbaru menjadi kota pintar, Firdaus sendiri menggunakan program trilogi, yakni sensing (mencari pokok permasalahan), understanding (memahami kebutuhan warga kota), dan action (untuk implementasinya).

"Dengan kehadiran 4G LTE dari Telkomsel ini kita akan lebih cepat bangun smart city, smart government, smart living, dan smart mobility. Kami juga berharap akan ada transfer ilmu pengetahuan di sisi teknis. Sekarang kita memang masih sebagai pengguna, tapi di masa depan bagaimana kita bisa menguasai teknologi itu sendiri," jelasnya.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, kehadiran 4G LTE di Pekanbaru salah satunya memang untuk mendukung program smart city dan gaya hidup digital masyarakat di kota itu.

Apalagi, kata dia, di Pekanbaru penggunaan akses datanya tercatat melonjak 119% pada kuartal ketiga 2015 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Itu sebabnya, Telkomsel pun tak ragu membangun 35 eNode B untuk tahap awal.

Jumlah base station 4G itu pun dipastikan akan terus bertambah seiring meningkatnya jumlah pengguna dan kenaikan trafik data. Sejauh ini, layanan 4G di kota itu disebutkan telah menjangkau 70% populasi masyarakat di Pekanbaru.

(rou/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Nokia 2 Dibanderol Super Murah

    Nokia 2 Dibanderol Super Murah

    Selasa, 24 Okt 2017 12:08 WIB
    HMD Global tidak hanya membuat ponsel flagship Nokia. Mereka pun membesut perangkat yang terjangkau kantong, Nokia 2 akan menjadi buktinya.
  • Unik! 3DS XL Bergaya klasik ala SNES

    Unik! 3DS XL Bergaya klasik ala SNES

    Selasa, 24 Okt 2017 08:14 WIB
    Tahun 2017 bisa dibilang tahun nostalgianya Nintendo. Setelah merilis kembali konsol game lawasnya, giliran 3DS XL yang kebagian nuansa klasik ala konsol jadul.