Bagi Smartfren, 4G Tak Melulu Soal Kecepatan

Bagi Smartfren, 4G Tak Melulu Soal Kecepatan

Yudhianto - detikInet
Rabu, 09 Sep 2015 07:50 WIB
Kartu uSIM 4G Smartfren (detikINET)
Cirebon - Bicara 4G, pasti yang terpikir adalah kecepatan internet yang super kencang. Tapi lebih dari itu, sebenarnya juga ada hal lain yang tak kalah penting dengan kecepatan datanya. Apa itu?

Tak dapat dipungkiri, teknologi 4G LTE memang identik dengan kecepatan internet yang lebih tinggi dibanding era 3G. Namun terlepas dari itu, menurut Munir SP, VP Network Smartfren, stabilitas adalah hal yang sama pentingnya. Karena buat apa 4G kalau cuma bisa dirasakan secara terbatas di daerah tertentu.

Munir mengatakan Smartfren menerapkan strategi yang berbeda di teknologi 4G LTE kali ini. Ketika operator telekomunikasi lainnya bicara kecepatan, Smartfren lebih memilih memeratakan jangkauan 4G LTE kepunyaannya. Tercatat sudah 22 kota di Indonesia yang klaimnya langsung bisa merasakan 4G Smartfren.

“(Analoginya) seperti mobil super macam Lamborghini atau Ferrari. Kecepatannya memang bisa melebihi 250 kpj, tapi kan lokasi untuk bisa mencapai kecepatan tersebut terbatas. Di jalan umum tak mungkin berkendara sekencang itu,” ujar Munir, di restoran Kelapa Manis, Cirebon, Jawa Barat.

Analogi tersebut mewakili apa yang telah dilakukan Smartfren sekarang. Ketimbang kecepatan, operator telekomunikasi ini lebih mengutamakan stabilitas. Sehingga kecepatan internet yang mumpuni bisa dirasakan semua pelanggannya di manapun. Targetnya pun tak muluk-muluk, asal pelanggannya bisa berinternet dengan nyaman di seluruh wilayah yang jadi jangkauannya.

“Misalnya ketika kita nonton di Youtube, yang terpenting kan videonya tidak buffer. Download file besar yang dirasakan pelanggan juga lebih cepat ketimbang menggunakan 3G. (Intinya) konten tersampaikan dengan baik ke pelanggan,” tandas Munir.

(yud/rou)