4G Indosat Diklaim Bisa Berlari 185 Mbps

4G Indosat Diklaim Bisa Berlari 185 Mbps

Ardhi Suryadhi - detikInet
Minggu, 05 Jul 2015 14:40 WIB
Ilustrasi (dok. isat)
Jakarta - Modernisasi jaringan membuat Indosat semakin percaya diri di persaingan layanan 4G LTE (Long Term Evolution). Anak usaha Ooredoo itu mengklaim, modernisasi menjadikan seluruh jaringan Indosat sudah 4G ready dan melontarkan kecepatan download hingga 185 Mbps dan upload 41 Mbps.

Program modernisasi jaringan Indosat sendiri telah dimulai sejak 2 tahun lalu. Sampai akhir tahun ini, Indosat telah berhasil menyelesaikan modernisasi jaringannya di 42 kota besar beserta area sekitarnya (setara hampir 200 kabupaten/kotamadya) di seluruh Indonesia

“Kami telah menghadirkan teknologi 4G-LTE ini melalui layanan Indosat Super 4G-LTE sejak bulan April lalu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali, dan segera menyusul kota-kota lainnya di seluruh Indonesia dalam beberapa waktu ke depan," kata Fuad Fachroeddin, Group Head Corporate Communications Indosat.

Pengaktifan jaringan 4G LTE di kota-kota besar di seluruh Indonesia melalui modernisasi jaringan ini akan dilanjutkan sampai akhir tahun 2015 dan diikuti dengan penggelaran di kota-kota lainnya pada tahun 2016.

“Kami optimis akan segera dapat mempercepat penggelaran 4G-LTE ini di seluruh Indonesia karena didukung program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung dan kami percepat penyelesaiannya,” tambah Fuad, dalam keterangannya, Minggu (5/7/2015).

Jaringan 4G atau LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi keempat. 4G LTE memiliki keunggulan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga pelanggan dapat menikmati layanan data dengan lebih nyaman.

Pelanggan akan dapat melakukan berbagai aktifitas seperti browsing, chatting, berkomunikasi, download/upload data dan foto, content streaming dan bermain game dengan lebih cepat dan efisien.

Fase kedua komersialisasi layanan 4G dengan menggunakan frekuensi 1.800 MHz rencananya bakal serentak dilakukan oleh lima operator pada 6 Juli 2015. Jadwalnya adalah Telkomsel di Makassar, Indosat di Balikpapan, XL di Lombok, Tri di Banjarmasin, serta Smartfren di Batam.

Optimisme tinggi datang dengan dirilisnya 4G di frekuensi 1.800 MHz. Pasalnya, rentang frekuensi yang digunakan lebih lebar dibandingkan dengan 4G yang saat ini sudah berjalan di frekuensi 900 MHz. Dimana ini akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan yang diletupkan.

(ash/ash)