Rabu, 17 Jun 2015 11:16 WIB

Indosat Salip XL, Juaranya Masih Telkomsel

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Ilustrasi (gettyimages) Ilustrasi (gettyimages)
Jakarta - Persaingan di tiga besar operator seluler masih terus memanas seiring dengan pergantian klasemen antara Indosat dan XL Axiata yang memperebutkan posisi runner-up di bawah Telkomsel.

Di posisi puncak, Telkomsel memang belum terkalahkan. Anak usaha Telkom itu masih melaju sendirian dengan pencapaian 140 juta pelanggan lebih dengan dukungan 90.000 base station hingga kuartal pertama 2015 lalu.

Yang menarik adalah posisi di bawahnya. XL yang sempat merangsek ke posisi dua sejak mengakuisisi Axis Telekomunikasi Indonesia 2014 lalu, kini harus rela tergusur dan kembali ke posisinya semula sebelum menggeser Indosat.

Seperti detikINET rangkum dari catatan seluruh operator ini hingga triwulan pertama, Rabu (17/6/2015), Indosat kembali menduduki posisi dua karena jumlah pelanggannya telah melampaui XL.

Indosat berhasil mengumpulkan 66,5 juta pelanggan dengan dukungan 40.756 base station secara nasional. Sementara XL hanya mencatatkan 52,1 juta pelanggan meski memiliki infrastruktur lebih banyak, dengan 52.000 base station.

"Kami punya strategi dual carrier sehingga bisa memaksimalkan akses hingga 42 Mbps. Jumlah site jadi tidak terlalu berpengaruh bagi kami," kata Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat di sela drive test di Semarang.

Kompetisi di seluler memang masih dinamis dalam beberapa tahun terakhir. Namun industri ini telah memasuki senjakala dengan jenuhnya pasar yang telah menembus 300 juta nomor seluler di pasaran.

Persaingan ketat namun butuh modal besar untuk tetap bisa bertahan membuat jumlah operator di Indonesia dinilai terlalu banyak oleh Menkominfo Rudiantara. Ia pun memperkirakan akan banyak operator yang bertumbangan di masa depan.

"Tunggu saja, nanti akan banyak operator yang bertumbangan. Itu sebabnya saya menyiapkan aturan konsolidasi untuk merger akuisisi. Efektif di Indonesia cukup tiga sampai empat operator saja," ujarnya belum lama ini.



(rou/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed