Rabu, 01 Okt 2014 17:06 WIB

'Jepret Story' Jadi Jawara Indonesia Next Apps

- detikInet
Pemenang Indonesia Next Apps (rachman/detikINET) Pemenang Indonesia Next Apps (rachman/detikINET)
Jakarta -

Pemenang kompetisi Indonesia Next Apps telah diumumkan oleh Telkomsel dan Samsung. Dari 90 developer lokal yang menghasilkan 147 aplikasi untuk kompetisi ini, ada tujuh yang kemudian jadi finalis. Siapa yang jadi juaranya?

Dalam jumpa pers di kantor pusat Telkomsel, Wisma Mulia, Jakarta, Rabu (1/10/2014), ketujuh aplikasi yang berhasil masuk final adalah Kakatu, Cubeacon, Jepret Story, Phirunthrophy, Pipets, IO Notes, dan Sigap.

"Dan yang menjadi pemenangnya adalah aplikasi Jepret Story buatan Dycode," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu, yang ditemani Director Samsung R&D Institute Indonesia, Andy Djiwandono.

Jepret Story merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan mengatur berbagai foto yang diambil dari bermacam momen spesial di jejaring sosial. Aplikasi ini mengumpulkan foto dengan hashtag khusus yang sebelumnya telah dibuat oleh pengguna.

Sehingga ketika ada yang mempublikasikan foto tersebut di Instagram dan Twitter, foto dengan hashtag khusus tadi akan langsung terkumpul di galeri Jepret Story pengguna.

"Jepret Story rencananya akan meluncur di Google Play Store pada akhir bulan ini," kata CEO Dycode, Andri Yadi, masih dalam kesempatan yang sama.

Sebagai pemenang utama, Dycode mendapatkan hadiah uang tunai, smartphone Samsung, dan diundang menghadiri Startup Mentorship Programmed yang merupakan program kolaborasi antara SingTel Group dan Samsung di awal April 2014.

Bentuk hadiah lainnya yaitu didaftarkan untuk mengikuti Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge, serta dipromosikan di program Bundling Telkomsel dan Samsung Galaxy Apps. Selain itu, aplikasi yang masuk dalam kategori top 5 akan dipromosikan di homepage Samsung Galaxy Apps.

Finalis Lainnya

Marina menuturkan, para finalis Indonesia Next Apps yang tak terpilih jadi juara tak akan dilupakan begitu saja. Telkomsel tetap akan merangkul mereka melalui TemanDev untuk dikenalkan kepada konsumen.

"Sedangkan untuk aplikasi yang menang, bisa saja langsung ada di dalam perangkat, sehingga lebih cepat dikenal. Pengguna tidak perlu lagi mencari-cari di toko aplikasi," sambungnya.

Aplikasi startup yang terpilih dalam program Indonesia Next Apps ini akan memiliki kesempatan dipasarkan oleh SingTel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Globe Telecom (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia), di pasar masing-masing.

"Para finalis juga kami undang untuk mempresentasikan secara langsung aplikasi mereka. Selain itu kami juga membicarakan tentang fitur dan kelengkapannya, termasuk bagaimana penggunaan dan bisnis modelnya nanti," pungkas Andy Djiwandono.

(rou/ash)