Senin, 24 Mar 2014 19:24 WIB

Ajakan Anti Golput Serbu 275 Juta Ponsel

- detikInet
Jakarta - Pengguna ponsel di Indonesia yang diperkirakan oleh Kementerian Kominfo dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkisar‎ 275 juta, akan segera dihujani SMS broadcast tentang ajakan anti golput.

Dalam pertemuan yang digelar di gedung Kominfo, Senin (24/3/2014), keduanya sepakat untuk memanfaatkan saluran yang dimiliki oleh operator te‎lekomunikasi untuk sosialisasi pemilu agar mau memanfaatkan hak suaranya.

Operator akan mulai mengirimkan pesan singkat kepada nomor pelanggan pada tanggal 24 Maret hingga 31 Maret 2014.

Pengiriman pesan imbauan kepada pengguna ponsel untuk memakai hak suaranya diakui KPU sebagai cara yang paling efektif karena jumlah penggunanya yang sudah tersebar di seluruh propinsi Indonesia.

"Ponsel yang beredar di Indonesia sudah mencapai 275 juta unit. Semoga dengan sosialisasi lewat nomor ponsel bisa meningkatkan awareness masyarakat, tepat sasaran dan efektif," ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam kesempatan ini.

Imbauan yang dikirimkan kepada pelanggan memiliki panjang 160 karakter dan berbunyi "Sukses Pemilu 2014 adalah sukses bangsa. Berikan Suara Anda pada tanggal 9 April 2014. Coblos sesuai pilihan Anda."

Operator komunikasi yang digandeng KPU dan Kominfo antara lain PT Telkom Tbk, PT Indosat Tbk, PT Telkomsel, PT XL Axiata Tbk, PT Bakrie Telecom Tbk, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, PT Hutchinson 3 Indonesia, PT Axis Telekom Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbk dan PT Smart Telecom.

Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring,‎ partisipasi Kominfo dan operator selular ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Menkominfo dengan Ketua KPU pasda tanggal 16 September 2013 tentang kerjasama sosialisasi, edukasi dan advokasi pelaksanaan pemilu tahun 2014.

(rou/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed