Sabtu, 20 Jul 2013 12:23 WIB

Upgrade Jaringan, BlackBerry Messenger Malah Terganggu

- detikInet
Maspiyono Handoyo (rou/detikINET) Maspiyono Handoyo (rou/detikINET)
Jakarta - Manajemen BlackBerry Indonesia menjelaskan alasan teknis di balik tumbangnya jaringan layanan BlackBerry Messenger (BBM) beberapa waktu lalu.

Seperti diungkap Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, penyebab gangguan jaringan BBM saat itu dikarenakan ada konfigurasi yang salah dan komponen yang gagal saat BlackBerry melakukan upgrade sistem untuk maintenance jaringan.

"Penyebab ngadat karena kami sedang melakukan maintenance upgrade system, lalu ada configuration yang salah, dan ada komponen yang failed," jelasnya tadi malam di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

"Sehingga, sistem jadi tidak berjalan dengan baik, dan hanya terjadi di Indonesia. Upgrade ini juga berdampak pada delay di carrier partner (mitra operator) kami yang ada di sini," papar Maspiyono lebih lanjut.

Setelah bertemu pihak Kementerian Kominfo, BlackBerry yang lolos dari sanksi denda juga berjanji untuk cepat responsif jika ditemukenali ada gejala gangguan di kemudian hari.

"Kalau ada masalah atau terjadi gangguan lagi, kami akan menginformasikan lebih cepat ke pemerintah," pungkasnya. Dalam kesempatan ini, BlackBerry tak menyinggung soal ganti rugi untuk kompensasi pelanggan.



(rou/ash)