Meraba-raba Skema yang Tepat untuk LTE

Meraba-raba Skema yang Tepat untuk LTE

- detikInet
Senin, 20 Des 2010 14:44 WIB
Jakarta - Teknologi Long Term Evolution (LTE) untuk jaringan seluler 4G memang belum akan hadir seketika dalam waktu dekat. Namun, sejumlah operator telekomunikasi sudah mulai meraba-raba skema yang tepat untuk menggelar layanan tersebut.

Salah satu operator yang mulai menyusun skema bisnis untuk LTE adalah XL. Perusahaan yang tergabung dalam grup Axiata ini tentu tak mau ketinggalan dari Telkomsel maupun Indosat yang juga sudah mulai merancang strategi untuk pasar yang sama.

Meski demikian, Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengakui, saat ini belum bisa menetapkan berapa tarif yang akan dikenakan untuk teknologi LTE.

"Kami juga belum bisa menyebutkan berapa target pelanggan, atau  investasinya, masih belum bisa karena masih lama. Kami saat ini masih meraba-raba dulu," kata Hasnul di sela uji coba LTE di Grha XL, Jakarta, Senin (20/12/2010).

XL sendiri mulai melakukan uji coba LTE secara terbatas di area Grha XL kawasan Mega Kuningan, Jakarta, sesuai izin yang diberikan regulator.

"Kami perlu mengujinya secara langsung agar bisa mengetahui cara kerja dan apa saja yang bisa dilakukan oleh teknologi yang katanya sedemikian canggih ini," ujar Direktur Network XL, Dian Siswarini.

Dalam uji cobanya, XL mencatat LTE bisa memberikan kecepatan download hingga kisaran 100 Mbps. Untuk men-download file multimedia seperti foto dengan ukuran 350 MB, hanya dibutuhkan waktu 66 detik.

XL dalam menggelar uji coba LTE bekerja sama dengan sejumlah instansi, mulai dari vendor jaringan telekomunikasi, penyelenggara siaran televisi swasta, dan sejumlah kampus ternama di Indonesia.

(rou/ash)