XL Jajal Kemampuan 4G LTE

XL Jajal Kemampuan 4G LTE

- detikInet
Senin, 20 Des 2010 14:11 WIB
Jakarta - Operator seluler XL Axiata mulai menguji coba kemampuan jaringan seluler 4G berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE) secara terbatas.

Menurut Dian Siswarini, Direktur Jaringan XL, uji coba LTE hanya bisa dilakukan secara terbatas di area Grha XL kawasan Mega Kuningan Jakarta saja sesuai izin yang diberikan regulator.

"Kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan seluler kini telah beranjak ke soal kualitas. Bukan lagi sekedar bisa menelepon dengan tarif murah," kata Dian di sela trial LTE yang berlangsung di Grha XL, Senin (20/12/2010).

Uji coba yang dilakukan XL meliputi pengetesan kecepatan dan kemampuan LTE dalam mendukung kegiatan sehari-hari seperti streaming video, download musik, broadcasting gambar, video, dan sebagainya.

"Kami sangat memahami, dengan kualitas jaringan yang memang benar-benar bagus, akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari layanan seluler," papar Dian.

Dalam uji cobanya, XL mencatat LTE bisa memberikan kecepatan download hingga kisaran 100 Mbps. Untuk men-download file multimedia seperti foto dengan ukuran 350 MB, hanya dibutuhkan waktu 66 detik.

"Padahal dengan teknologi yang kita gunakaan saat ini, dengan ukuran file tersebut dibutuhkan waktu dua jam untuk mendownloadnya," ucap Dian.

Untuk mendukung program ini, XL bekerja sama dengan sejumlah instansi, mulai dari vendor jaringan telekomunikasi, penyelenggara siaran televisi swasta, dan sejumlah kampus ternama di Indonesia.

(rou/ash)