Apa Sasaran Utama Pelaksanaan Desa Informasi?

Apa Sasaran Utama Pelaksanaan Desa Informasi?

- detikInet
Minggu, 12 Des 2010 13:19 WIB
Jakarta - 14 Desa Informasi telah diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring. Sebenarnya apa sasaran utama pelaksanaan Desa Informasi tersebut?

Menurut Tifatul, sasaran utama dari pelaksanaan program Desa Informasi adalah pemberdayaan dan pengembangan kemampuan masyarakat di perbatasan, di bidang informasi dan komunikasi secara sinergi dan berkesinambungan. Dengan adanya akses informasi yang merata, diharapkan masyarakat semakin mendapat manfaat positif untuk memajukan seluruh aspek pembangunan di daerahnya. 

”Desa informasi ini penting untuk pemerataan informasi antara masyarakat di pusat kota dengan yang berada di wilayah perbatasan, sekaligus juga mengurangi derasnya informasi asing yang masuk dari negara-negara tetangga,” ujar Tifatul, sesuai keterangan yang diterima detikINET, Minggu (12/12/2010).

Dalam program Desa Informasi sejumlah unsur yang dikembangkan dan dimaksimalkan penggunaannya kepada warga masyarakat, antara lain pengembangan Radio Komunitas, pelayanan telekomunikasi berupa Desa Berdering, pelayanan akses internet yakni Desa Punya Internet (Desa Pinter), hingga penyediaan layanan dan fasilitas televisi berlangganan dari Indovision. 

Melalui pengembangan Radio Komunitas, Kementerian Kominfo mendorong pemberdayaan masyarakat menggunakan media interaktif dan komunikatif berupa radio. Radio Komunitas dapat dikelola komunitas setempat sesuai dengan kebutuhannya. 

Sementara dengan pengembangan layanan telekomunikasi Desa Berdering, Kementerian Kominfo melakukan percepatan infrastruktur komunikasi di daerah blankspot berupa penyediaan perangkat telepon seluler. 

Selain itu, dengan akses layanan internet Desa Punya Internet (Desa Pinter), Kementerian Kominfo telah membangun akses internet bagi 100 desa dan membangun 5.748 Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK). (rou/fw)