Jumat, 05 Nov 2010 12:32 WIB

Komunikasi Darurat Merapi Terganggu Ulah Jamming

- detikInet
Jakarta - Koneksi internet dari salah satu Penyelenggara Jasa Internet (ISP) juga digunakan untuk menstreamingkan komunikasi HT (handy talkie) antar posko pemantau Merapi di Jaringan Informasi Lingkar Merapi (Jalin Merapi) yang ditampilkan di http://merapi.combine.or.id.

Streaming ini sangat bermanfaat karena dapat digunakan untuk memonitor perkembangan erupsi Gunung Merapi dari beberapa posko. Selain itu, dengan memonitor ini, kita bisa mendapatkan informasi yang jelas serta mendapat pengarahan dari petugas agar penduduk tidak panik.

Hanya saja, menurut Kabid Humas Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Korwil DIY Gana Arditya, yang sangat disayangkan, frekuensi jalur komunikasi HT ini beberapa hari terakhir diganggu oleh oknum dengan aksi ngejam-ngejam (jamming).

"Sehingga menjadi tidak bisa dimonitor, otomatis yang distreamingkan jadi ikut kacau. Oknum ini mengganggu komunikasi HT pada saat genting-gentingnya situasi evakuasi," keluh Gana.

Gana pun berharap instansi terkait dapat merespons hal ini dan bisa membackup tim pemantau posko agar frekuensi komunikasi HT tidak diganggu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.


(ash/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed