Kominfo Dukung Wiki Perkaya Konten Internet Indonesia

Kominfo Dukung Wiki Perkaya Konten Internet Indonesia

- detikInet
Selasa, 30 Mar 2010 14:23 WIB
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung langkah Wikimedia Indonesia memperkaya konten internet melalui ajang kompetisi menulis berbasiskan Wiki melalui ensiklopedia daring Wikipedia berbahasa Indonesia.

Kompetisi bertajuk 'Bebaskan Pengetahuan 2010' ini digelar untuk menjaring relawan muda berbakat dari kalangan akademisi untuk ikut membebaskan pengetahuannya dan memperkaya artikel seputar pengetahuan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui media internet.

"Mengakses internet menjadi berharga saat informasi yang diperlukan ada saat dicari. Oleh sebab itu, pengayaan artikel berbahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja," kata Dirjen Aplikasi Telematika Kominfo Aswin Sasongko dalam sambutan acara yang berlangsung di Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Untuk menjaring sukarelawan, pada kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2010 ini, Wikimedia Indonesia mengundang masing-masing 9 perwakilan terbaik dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, dan Tangerang untuk kemudian dilatih menjadi peserta kompetisi.

Adapun kesepuluh perguruan tinggi tersebut meliputi FISIP UI, Sekolah Tinggi Teologi Jakarta, Universitas Al Azhar, Universitas Mercu Buana, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina, Institut Pertanian Bogor, London School of Public Relations, Unika Atmajaya, dan Universitas Bina Nusantara.

Ada tiga tahap penilaian yang harus ditempuh oleh para peserta mulai dari 1 April hingga 16 Juni 2010. "Pada 1 April hingga 15 Mei, itu penilaian mencakup kualitatif dan kuantitatif," kata Siska Doviana, Sekretaris Eksekutif Wikimedia Indonesia.

Menurutnya, kualitatif dinilai berdasarkan pada mutu tulisan artikel dan page view. Adapun kuantitatif dinilai berdasarkan pada frekuensi online dari masing-masing peserta.

Sebanyak 12 juri akan menilai hasil kontribusi 90 peserta kompetisi. Satu pemenang terbaik akan menjadi perwakilan indonesia untuk mengikuti konferensi internasional Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia.

"Saat ini kami sedang mengusahakan setidak-tidaknya lima pemenang teratas yang tidak berangkat ke Polandia, bisa mendapatkan hadiah notebook," kata Siska.

Sisanya, bagi peserta yang berpartisipasi sampai akhir kompetisi, akan dibuatkan surat referensi dari Sue Gardner, Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation.

Pelatihan satu hari telah selesai dilaksanakan Sabtu, 27 Maret lalu, di Laboratorium Komputer Universitas Mercu Buana yang diikuti oleh 64 perwakilan dari delapan perguruan tinggi. Sementara dua perguruan tinggi lain akan menyusul dilatih secepatnya.

Siska menyebutkan, kompetisi ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 250 juta untuk dapat menyelesaikan programnya. "Sayangnya dana yang berhasil terkumpul saat ini belum mencukupi, baru sekitar Rp 138 juta yang merupakan hibah dari Ford Foundation, Wikimedia Foundation, dan Pertamina," ungkapnya.

Wikipedia bahasa Indonesia sendiri bisa dibilang merupakan situs ensiklopedia terbesar berbahasa Indonesia yang seluruh artikelnya diisi dan dijaga oleh sukarelawan. Per Maret 2010, Wikipedia Indonesia memiliki lebih dari 119 ribu artikel dengan catatan kunjungan hingga 1,2 juta per harinya.

"Tetapi, pengguna yang menyunting lebih dari tiga kali dalam sehari hanya sekitar 30 orang. Angka ini stagnan sejak tahun 2005 dan cenderung menurun," kata Siska.

Berkurangnya pengguna sangat aktif ini berdampak langsung pada penurunan jumlah artikel baru dan kualitas artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia. Itu sebabnya, Wikimedia Indonesia menggelar kompetisi tulis-menulis ini.

Menurut rating Alexa, Wikipedia merupakan situs dengan peringkat ke-11 yang paling banyak dikunjungi pengguna internet di Indonesia. Khusus Wikipedia Bahasa Indonesia sendiri baru dirintis Mei 2003. Dalam waktu singkat posisinya meroket ke peringkat 50 dunia jika ditinjau dari banyaknya artikel. Kini posisinya sudah bertengger di peringkat 25 dunia.

Selain Bahasa Indonesia, Wikipedia juga memiliki artikel Bahasa Jawa sebanyak 26.503 artikel, Bahasa Sunda sekitar 14.556 artikel, Banyumasan 3.162 artikel, Bahasa Aceh 1.150 artikel, Bahasa Bugis 216 artikel, dan Bahasa Melayu dengan 62.050 artikel.

(rou/faw)