Selasa, 01 Sep 2009 00:36 WIB

Palapa-D Dipastikan Baik-Baik Saja

- detikInet
Jakarta - Setelah sempat dikabarkan mengalami gangguan, kondisi satelit Palapa-D akhirnya bisa diketahui. Satelit milik Indosat itu dipastikan baik-baik saja.

Seperti dikutip detikINET dari Xinhua, Selasa (1/9/2009), roket Chang Zheng-3B (CZ-3B), yang mengantarkan satelit Palapa-D ke orbit, sempat mengalami gangguan. Akibatnya, muatan CZ-3B tak berhasil sampai di orbit yang ditentukan (preset orbit).

Namun, setelah beberapa jam, satelit Palapa-D dilaporkan telah berhasil dikendalikan untuk melakukan manuver orbit yang ditetapkan. Sehingga, bisa dipastikan, Palapa-D baik-baik saja dan akan melanjutkan tahap berikutnya menuju operasional satelit.

Indosat pun secara resmi memastikan kondisi satelit normal dan aman terkendali. Adita Irawati, Group Head Corporate Communications Indosat, mengatakan sinyal Satelit Palapa D telah berhasil ditangkap oleh stasiun bumi di Fucino, Italia. 

"Setelah   dilakukan pengecekan fungsi dan parameter satelit, solar panel satelit sudah mulai dibuka sebagian, sehingga satelit Palapa-D dapat melakukan catu daya dari matahari. Dengan demikian Satelit Palapa D saat ini dinyatakan dalam kondisi normal," tulis wanita yang akrab disapa Dita itu dalam pernyataan yang diterima detikINET, Selasa (1/9/2009).

Dita mengatakan, pengecekan sebagian fungsi dan parameter satelit adalah bagian dari proses yang normal sebelum satelit dikonfigurasi secara penuh. "Selanjutnya secara bertahap satelit akan ditempatkan di orbit geostasioner yang membutuhkan waktu sekitar 10-12 hari sejak hari peluncuran," ujarnya.

Dalam kurun waktu tersebut, Indosat bersama kontraktor ThalesAlenia Space akan terus melakukan monitoring untuk dilakukan tes yang lebih detil terkait fungsi dan parameter (in orbit test) sesuai spesifikasinya.

Satelit milik Indosat itu adalah buatan ThalesAlenia Space, sebuah perusahaan asal Prancis. Indosat akan memanfaatkan satelit itu untuk berbagai keperluan telekomunikasi, termasuk mendukung akses seluler, telepon tetap dan data.


(wsh/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed