Jumat, 14 Agu 2009 14:46 WIB

Satelit Palapa D Indosat Bikin Qtel Bangga

- detikInet
Jakarta - Qatar Telecom (Qtel) selaku pemilik mayoritas saham Indosat mengaku bangga atas satelit Palapa D yang akan diluncurkan 31 Agustus 2009 mendatang di Xichang, China.

Pernyataan sikap Qtel disampaikan oleh Komisaris Utama Indosat H.E. Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani, saat peresmian gedung Satelit Palapa di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (14/8/2009).

"Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan telekomunikasi terbaik. Kami dari Qtel bangga dengan Indosat, dan yakin Indosat bisa menjadi perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia," ujarnya.

"Kami dari Qtel berjanji untuk mendukung perkembangan Indosat," pungkasnya di akhir kata sambutan peresmian gedung.

Gedung satelit palapa sendiri akan berfungsi sebagai stasiun bumi untuk satelit Palapa D yang akan diluncurkan akhir bulan ini.

Satelit Palapa D akan menggantikan satelit Palapa C2 yang masa operasionalnya berakhir pada 2010 di slot 113 derajat BT. Satelit ini akan diluncurkan di Xichang, China.

Direktur Utama Indosat Harry Sasongko mengatakan rencana pengerjaan satelit ini sudah dimulai sejak 29 juni 2007 dengan ditandatanganinya pesanan dengan mitra pengadaan dan peluncuran Thales Alenia Space, Prancis.

"Satelit ini akan dimanfaatkan sebagai backbone untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap, dan data tetap," ujarnya.

Setelit Palapa D memiliki cakupan jaringan Indonesia, Asia, Timur Tengah, dan Indonesia. Biaya investasi yang dikeluarkan sebesar US$230 juta. Peluncuran akan dilaksanakan pada 30 atau 31 Agustus 2009, tergantung kondisi cuaca.


(rou/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed