Rabu, 12 Agu 2009 20:08 WIB

'3' Buka Layanan Twitter Via SMS

- detikInet
Jakarta - Fenomena Twitter di kalangan pengguna internet Indonesia coba dimanfaatkan Hutchison CP Telecommunications ('3'/tri) dengan meluncurkan layanan Twitter via SMS pertama di Indonesia.

Hiro Whardana, Deputy GM New Business Services Hutchison CP Telecommunications menjelaskan, dompleng popularitas yang dilakukan perusahaannya bukan tanpa sebab. Pasalnya, situs mikro blogging itu kini kian mendunia setelah masanya fenomena Facebook.

Berdasarkan data comScore, Twitter telah memiliki 44,5 juta pengunjung per Juni 2009 dan ditempatkan di posisi 52 website terbesar di dunia. Sementara total kontribusi pengguna Twitter di Indonesia mencapai baru 1,5 persen dari total pengguna Twitter.

"Namun meski kecil, namun pengguna Twitter di Indonesia sangat aktif. Bahkan, beberapa kali topik buatan orang Indonesia mengisi 10 besar Trending Topic di Twitter," ujarnya dalam temu media, di FX Plaza, Jakarta, Rabu (12/8/2009).

Trending Topic sendiri adalah daftar subyek yang paling banyak diposting di Twitter. Topik asli Indonesia tercatat memang sudah beberapa kali merajai daftar tersebut. Mulai dari saat Jakarta diguncang bom, serta saat kampanye Indonesia Unite dan kematian Mbah Surip.

'3' sendiri mengakui bahwa bisa saja pengguna Twitter Tanah Air hanya dilanda euforia sesaat alias musiman. "Ya, kita gak takut, karena itu sudah risiko dan kita dituntut untuk terus berinovasi," tukas Hiro.

Dengan layanan bernama 'Twet Pake Tri' ini, pengguna Twitter dapat mengupadate status (tweet) dan mengikuti (follow) orang atau institusi favorit mereka melalui SMS.

Tarif untuk layanan ini Rp 50 per SMS atas Tweet yang dikirimkan diposting, tetapi pelanggan tidak dikenakan biaya pada saat menerima Tweet melalui SMS di ponsel mereka.

Pada awal program ini, '3' menggratiskan pengguna untuk menggunakan layanan ini sejak 10 Agustus hingga 10 September 2009. Asalkan, nomor '3' pengguna masih aktif alias tidak sedang memasuki masa tenggang ataupun hangus.



(ash/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed