Senin, 23 Feb 2009 16:42 WIB

3G Tak Pernah Bagus, Cuma Tagihan yang Mulus

- detikInet
Jakarta -
Kalau dilihat dari definisinya, broadband seharusnya akses layanan internet dengan bandwidth stabil 256 kbps. Tapi nyatanya tidak demikian, karena yang mulus cuma tagihannya saja.

Demikian keluh Yulius Prihatnoko, pelanggan IM2 sejak Maret 2008. Yulius rela selama 18 bulan tagihannya didebet otomatis dari kartu kredit karena tertarik janji 3,2 Mbps.

"Meski layanan jaringan yang saya dapatkan jauh dari promosi yang ditawarkan, tagihan bulan sebesar Rp 388.000 tetap berjalan mulus di debet dari kartu kredit istri saya," katanya dalam email yang diterima detikINET, Senin (23/2/2009).

Jika Yulius harus mengeluarkan biaya Rp 388.000 per bulan dengan limit pemakaian 1,2 GB, lain lagi dengan Djoko Wahjudi, pelanggan IM2 sejak Juli 2008.

Ia harus rela tagihannya bengkak, dari rata-rata Rp 500.000 jadi Rp 1,3 juta tiap bulan. Penyebabnya tak lain karena padatnya trafik yang bikin sering disconnected. 

"Alhasil, pelanggan pascabayar yang seharusnya dapat jatah premium, malah harus terus-terusan melakukan koneksi gagal yang bikin tagihan makin bengkak," sambung Dina, yang juga pakai IM2 pascabayar.

"Situasi ini membuat saya berpikir bahwa Indosat 'menjebak' pelanggan baru dengan promosi gencar, memberikan layanan bagus di awal masa langganan dan kemudian menelantarkan pelanggan lama yang sudah terikat dengan kontrak panjang," demikian Yulius.


(rou/wsh)