Hukumpedia, 'Wiki-nya' Pemerhati Hukum Indonesia

e-Community

Hukumpedia, 'Wiki-nya' Pemerhati Hukum Indonesia

- detikInet
Kamis, 01 Mei 2008 11:39 WIB
Jakarta - Teknologi berbasis web kian berkembang ke arah aplikasi yang bersifat interaktif atau dua arah (web 2.0). Pengunjung situs tak lagi hanya menjadi 'penikmat', mereka kini seakan minta disediakan tempat untuk menyampaikan informasi atau pemikirannya. Tak terkecuali di dunia hukum, hukumonline.com pun coba berkembang ke arah tersebut lewat hukumpedia.com.

Hukumpedia.com merupakan buah dari riset dan pengembangan aplikasi dari hukumonline.com selama dua tahun. Situs ini di desain khusus sebagai pusat informasi hukum yang secara penuh dapat berkolaborasi secara interaktif dengan seluruh pengguna internet, khususnya para pemerhati hukum Indonesia.

Situs ini dikatakan dapat memuat semua berita, kamus hukum, artikel atau informasi hukum lain dan mempublikasikannya secara 'real-time'. Dan sebagai bagian dari teknologi web 2.0, para pengguna internet juga dijanjikan dapat mengedit, menambahkan dan mengubah semua informasi hukum yang ada dan berinteraksi dengan lebih dari 80.000 anggota hukumonline.com dan jutaan orang di seluruh dunia.

Tak hanya mengeluarkan hukumpedia.com, PT Justika Siar Publika (JSP) selaku 'induk semang' hukumonline.com juga meluncurkan hukumonline english. Situs yang beralamat di http://en.hukumonline.com ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan informasi hukum dalam bahasa inggris yang benar dan akurat.

Acara peluncuran kedua layanan baru tersebut digelar pada Rabu malam (30/4/2008) di Hotel Manhattan Jakarta. Tema yang diambil dalam acara itu adalah 'Knowledge Without Compromise'.

JSP mengawali kiprahnya di dunia hukum online sejak tahun 2000. Perusahaan ini pun kini telah membangun dan mengumpulkan salah satu pusat data elektronik hukum yang diklaim terbesar di Indonesia. Mulai dari berbagai peraturan dan putusan, naskah akademik, diindeks dan dikategorikan untuk kebutuhan riset dan pengolahan ulang atau keperluan lainnya.

Punya blog, milis ataupun komunitas online yang menarik dan unik? Yuk, kenalan di detikINET Forum.

(ash/ash)