BERITA TERBARU
Senin, 08 Apr 2013 16:32 WIB

e-Community

Kupas Tuntas Komunitas dalam #BloggerBicara

- detikInet
Suasana Acara (detikCommunity) Suasana Acara (detikCommunity)
Jakarta - Apakah komunitas? Perlukah seseorang berkomunitas? Apa untungnya berkomunitas? Semua dikupas tuntas di #BloggerBicara Komunitas, Minggu (7/4/2013), kemarin.

Komunitas sebagai entitas yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau kegemaran ternyata menyimpan berbagai dinamika.

Salah satu yang terungkap adalah bahwa pada saat berkomunitas rentan timbul gesekan. Bahkan karena sebab yang sepele seperti cinta segitiga. Apabila tidak segera diselesaikan akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang-orang yang tergabung di dalamnya.

Fakta lainnya adalah bahwa tidak semua komunitas membutuhkan kepengurusan seperti organisasi lainnya. "Kelebihan komunitas adalah bahwa semua orang posisinya setara. Pengurus itu cuma sebagai pintu masuk," ujar Movi dari Komunitas Pecinta Google Indonesia.

Komunitas juga entitas yang umumnya merdeka dari segala kepentingan. "Komunitas bukan ormas. Ormas biasanya afiliasinya itu ke politik," demikian pendapat Khairul, peserta dari komunitas blogger Anging Mamiri.

Event #BloggerBicara Komunitas dihadiri 100 orang yang terdiri dari blogger dan anggota komunitas berbagai platform seperti Komunitas Emak-emak Blogger, Asean Blogger, Kopdar Jakarta, Kartunet, SoneID, Sugar Glider Fun & Crazy, serta masih banyak lagi.

Selain diskusi tentang seluk-beluk komunitas, event yang dihelat di Demang Resto dan Cafe, Sarinah, Thamrin ini juga dimeriahkan dengan hiburan dari komunitas, games berkelompok dan doorprize.

XL untuk Komunitas

Saling terhubung pun menjadi hal terpenting dalam berkomunitas. Menjawab kebutuhan tersebut, XL hadir dengan layanan khusus untuk komunitas.

Hanya dengan mengisi ulang minimal Rp 25 ribu, pengguna XL dapat mendapatkan layanan ini. Dengan layanan ini pengguna dapat menelepon dan SMS secara gratis dengan pengguna XL dalam komunitas yang sama.

Bagi komunitas yang tertarik dengan layanan ini maka dapat mendaftarkan diri hanya dengan persyaratan minimal memiliki 100 nomor XL.

"Tidak perlu mendaftar lagi, cukup isi ulang Rp 25 ribu saja. Dan pulsa tidak akan berkurang untuk program ini," ungkap Romi Wahyudi dari XL Youth & Community Team Jabodetabek di event #BloggerBicara Komunitas.

Sedangkan apabila mengisi ulang minimal Rp 50 ribu telepon gratis akan berlaku ke seluruh nomor XL yang berlaku mulai pukul 00.00-17.00.

Event #BloggerBicara dipersembahkan oleh Blogdetik dan didukung oleh detikINET, XL, Lenovo Mobile, Bening Communications, detikForum dan Cari Cinta.

(mel/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed