Selasa, 13 Mar 2012 12:03 WIB

@DOTSemarang Ajak Blogger Membatik

- detikInet
Jakarta - Untuk lebih mengenalkan potensi wisata kota Semarang, Minggu (11/3/2012) kemarin, komunitas blogger detik @DOTSemarang mengajak blogger-blogger untuk wisata keliling kota Semarang.

Rangkaian acara #KongkowSMG yang diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun @DOTSemarang yang ke-2 ini bukan hanya diikuti blogger yang berasal dari Semarang, tapi juga blogger-blogger dari daerah lainnya seperti Surabaya, Madura, Jogja, Solo, Makassar dan Jakarta.

Dengan menggunakan 2 bus milik pemerintah kota Semarang, blogger-blogger diajak untuk wisata keliling kota Semarang seperti Klenteng Sam Poo Kong, kota tua Semarang, dimana blogger-blogger diajak untuk melihat dari dekat bangunan-bangunan peninggalan jaman dulu seperti gereja blendug yang sudah banyak dikenal masyarakat luas.

Namun yang paling menarik adalah saat blogger-blogger diajak untuk mengunjungi di kampoeng batik Semarang. Ternyata tidak sedikit yang baru tahu kalau di Semarang ada kampoeng batik. Bahkan Blogger-blogger dari Semarang sendiri banyak yang mengaku baru pertama kali ini berkunjung ke kampoeng batik Semarang.

Selain melihat produksi batik Semarang dari dekat, beberapa blogger juga sempat mencoba untuk belajar membatik menggunakan canting, alat yang digunakan untuk membatik.

Blogger dari Surabaya, Madura, Jakarta, Makassar dan Semarang yang mendapat kesempatan untuk belajar membatik, tampak bersemangat saat meliuk-liukkan canting di atas bidang kain yang sudah ada polanya.

Meskipun hasil karya yang didapat tidak begitu sempurna, namun mereka merasa senang mendapat kesempatan berharga untuk belajar membatik, apalagi beberapa di antara mereka hal ini adalah pengalaman pertaman.

Tri Utomo, ketua paguyuban Kampoeng Batik Semarang yang ikut menerima rombongan blogger ini, mengaku senang menerima kunjungan blogger-blogger dari berbagai daerah ini. Melalui blogger juga, diharapkan batik Semarang semakin dikenal di dunia dan didukung sebagai budaya yang perlu dipertahakan.

"Kalau ada komunitas, online atau apapun yang mau kerjasama untuk memasarkan Batik Semarang ke pasar dunia, paguyuban Kampoeng Batik Semarang siap membantu." ujarnya.

Tidak lengkap rasanya bila melakukan perjalanan wisata tanpa mampir membeli oleh-oleh, maka dot semarang sebagai tuan rumah langsung mengajak rombongan blogger buat mampir juga ke pusat oleh-oleh di daerah Pandanaran Semarang dan kesempatan ini dimanfaatkan blogger-blogger dari luar daerah Semarang tentunya, untuk memborong oleh-oleh khas Semarang seperti bandeng presto, lumpia ataupun wingko babat.

Asmarie, ketua komunitas blogger detik @DOTSemarang mengatakan bahwa dengan mengangkat tema 'wisata Semarang', dia berharap tempat-tempat wisata di ibukota Propinsi Jawa Tengah ini akan lebih dikenal lagi oleh banyak orang khususnya para netter. Dan ke depan akan menjadi pilihan tujuan wisata favorit para wisatawan, bukan cuma ke Jogja dan Solo saja.




(rel/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed