Sabtu, 30 Jan 2010 12:24 WIB

WordCamp 2010

Jatahnya Para Developer!

- detikInet
Jakarta - WordCamp kembali menyapa Indonesia. Hanya saja, kali ini acara bagi penggiat WordPress Indonesia itu digelar di Universitas Gunadarma. Temanya pun berbeda, yaitu jatahnya para developer.

Dijelaskan oleh Valent Mustamin selaku sang organizer, WordCamp 2010 memiliki tema 'Developer Spotlight'. "Memang temanya sedikit lebih 'berat' dan ditujukan bagi pihak pengembang WordPress. Tak seperti tahun lalu yang tidak terlalu mengarah ke sisi teknis," ujar Valent kepada detikINET.

Valent pun menjelaskan makna dari tema tersebut adalah untuk mewadahi para pengguna dan pengembang WordPress di Indonesia agar saling berbagi ilmu. "Tahun ini diharapkan penggiat WordPress ini dapat lebih cair dan menyatu," tambahnya.

Dengan penggunaan WordPress yang lebih luas diharapkan pengguna dan pengembang jumlahnya akan makin meningkat tiap tahunnya, sehingga peserta WordCamp juga semakin tinggi.

Dari pantauan detikINET, Sabtu (30/1/2010), di Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, beberapa peserta yang lebih dominan adalah pengembang daripada pengguna WordPress sendiri. Pasalnya, tahun ini WordCamp lebih mengangkat sisi teknis dibandingkan tahun lalu.

Sesi pertama WordCamp ID 2010 ini yang dimulai pukul 9.00 WIB pun sudah diisi bahasan teknis. Tampil sebagai pembicara di sesi awal ini adalah Risman Adnan dan Ronald Rajagukguk dari Microsoft Indonesia. Mereka membahas perihal run and develop PHP pada Windows dan WordPress pada Windows Azure.
(fw/ash)