Selasa, 08 Sep 2009 14:50 WIB

ISBA 2009

Pemenang Blog Award Minggu Kedua September 2009

- detikInet
Jakarta - Setelah melakukan proses verifikasi dan penilaian, bersama ini kami dari tim Internet Sehat menyampaikan bahwa blog berikut di bawah ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 untuk kategori mingguan, Selasa (08/09/2009):


http://patembe.com (techno blog)

Blog yang mengulas seputar dunia teknologi tidaklah harus rumit dan njelimet. Berbagi pengetahuan tentang teknologi bisa dilakukan dengan bahasa yang sederhana. Info yang disajikan pun tidak harus informasi 'kelas berat' yang hanya dimengerti sebagian kalangan, tetapi juga berisi informasi yang sifatnya 'just for fun'. Seperti yang dilakukan blog patembe.com. Blog yang dikelola oleh Angga Mangga Barani ini diisi oleh banyak informasi seputar teknologi, khususnya dunia internet, blog dan lain sebagainya. Di blog patembe.com ini Anda bisa menemukan artikel yang agak serius seperti mengapa Anda perlu mem-validasi blog atau website, atau tentang fitur-fitur pada gmail yang tak banyak diketahui orang. Di samping itu, ada juga artikel yang lebih ringan dan menyegarkan seperti tentang tebak-tebakan logo Google yang benar atau bagaimana mengubah gambar ke tulisan teks memakai ASCII generator.

http://andyoctavian.com (education blog)

Tidak banyak blog yang mengulas mengenai obyek-obyek spesifik semacam matematika atau fisika yang sering kali dianggap sebagai bidang keilmuan yang serius, rumit dan cuma bisa dipahami oleh orang-orang yang otaknya berkategori 'jenius' saja. Andy Octavian mencoba berbagi tentang dunia fisika dan matematika ini melalui blognya andyoctavian.com. Bisa jadi terlihat rumit dan membingungkan untuk orang yang tidak berkecimpung di sana, tetapi materi blog ini sangat berguna untuk mereka para pelajar atau mahasiswa yang sedang mempelajari matematika atau fisika dan tengah membutuhkan jawaban atas masalah keilmuan yang mereka hadapi. Meski blognya berwarna serius dan ilmiah, Andy Octavian tidak lupa menyelipkan posting yang sedikit ringan; meski tetap saja membuat pembacanya mengernyitkan dahi untuk mencoba menjawabnya. Posting yang menarik di antaranya adalah tentang teka teki '3 Orang dan Topi' yang menantang pembacanya memecahkan teka teki itu.

http://eriktapan.blogspot.com (gado-gado blog)

Kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan belakangan ini dirasakan kian meningkat. Dukungan banyaknya informasi yang bisa didapatkan melalui media cetak, elektronik dan internet (termasuk blog) membuat tingkat kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya semakin berkembang. Untuk semakin memperluas pengetahuan masyarakat awam tentang kesehatan, sangat disarankan apabola dokter, ahli kesehatan dan praktisi kesehatan lainnya membuat blog agar masyarakat dapat memperoleh pengetahuan yang benar dan valid di dunia maya. Hal itulah yang dilakukan oleh Erik Tapan, seorang dokter yang membuat blog http://eriktapan.blogspot.com/. Dalam perkembangannya, fase dokter dan tenaga kesehatan yang menyebarkan informasi di blog akan diikuti oleh membangun komunitas para dokter dan ahli kesehatan untuk berdiskusi dan tukar pikiran, hingga mendorong dokter dan tenaga kesehatan untuk lebih mengikuti tren internet bergerak. Meski demikian, blog ini tak melulu berisi soal info kesehatan. Erik sesekali membahas soal teknologi seperti Nokia OviMail, Twitter atau phishing.

Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 adalah sebentuk program apresiasi/penghargaan kepada pengelola/penulis blog (blogger) Indonesia yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikiran positifnya dalam bentuk tulisan di blog masing-masing. ISBA 2009 diinisiasi oleh ICT for Partnership (www.ictwatch.com), didukung oleh XL Care (www.xl.co.id), OpenNet Initiative (www.opennet.net) dan media online detikINET (www.detikinet.com).

Ingin seperti mereka? Simak cara-caranya di detikINET atau langsung meluncur ke situs www.ictwatch.com/internetsehat/blog-award.

 



(wsh/wsh)