Selasa, 02 Jun 2009 12:59 WIB

ISBA 2009

Pemenang Blog Award Minggu Pertama Juni 2009

- detikInet
Jakarta - Setelah melakukan proses verifikasi dan penilaian, bersama ini kami dari tim Internet Sehat menyampaikan bahwa blog berikut di bawah ini layak dan berhak mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 untuk kategori mingguan, Selasa (02/06/2009):

http://b0cah.org (Education blog)

Kenapa nafas kita 'bau naga' saat bangun tidur? Bagaimana cara mengatasinya? Atau ingin tahu bagaimana cara Aspirin menemukan sumber penyakit di tubuh kita? Jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut dapat kita intip di blog yang beralamat di http://b0cah.org. Sesuai dengan tagline yang diusung, yakni kreatif, edukatif dan interaktif, blog Koran Anak Indonesia ini menyajikan berbagai informasi menarik yang bersifat mendidik, yang secara khusus ingin menyapa anak-anak. Keistimewaan yang dimiliki blog tersebut, selain dari segi isi yang mendidik dan dikemas dengan bahasa sederhana, juga tampak dari unsur lay out yang disusun secara kreatif lengkap dengan gambar-gambar untuk memperkuat tulisan. Tentunya ini akan menjadi daya pikat tersendiri bagi anak-anak. Dalam blog ini, anak-anak juga diajak ikut terlibat aktif dengan cara melemparkan komentar di setiap informasi yang disajikan, serta ikut berpartisipasi dalam survey yang digelar. Anak-anak juga bisa berkumpul dalam FORUMbOcah. Ada juga tips ringan yang menginspirasi. Tak hanya bermanfaat bagi anak-anak, blog ini juga bisa menjadi referensi bagi para orang tua, khususnya untuk menjawab berbagai pertanyaan dari si buah hati, yang terkadang sepele tapi seringkali membuat orang tua kelabakan mencari jawabannya.
http://bukuygkubaca.blogspot.com (Lifestyle blog)

Habis membaca terbitlah blog. Sepertinya itulah ungkapan yang sesuai untuk Hernadi Tanzil. Kegemarannya membaca buku menelurkan sebuah blog apik yang menyajikan sejumlah review buku yang pernah dilahapnya. Kefasihan Hernadi selaku nakhoda blog dalam bertutur tentang suatu buku, menunjukkan bahwa ia merupakan pecinta buku sejati. Ia mampu mengulas buku yang telah dibacanya dengan gamblang, sehingga orang yang mampir di blog ini dapat memperoleh gambaran tentang isi suatu buku. Sebagai contoh simak saja review-nya tentang sebuah novel thriller detektif berjudul Metropolis. Hernadi mampu 'menguliti' novel ini dengan memikat. Tak sekadar memberikan gambaran tentang isi novel, ia juga memberikan kritik-kritik cerdas terhadap novel ini, misalnya tentang kurangnya pendalaman karakter tokoh-tokoh novel, kritik tentang pola hubungan atasan dan bawahan dalam struktur kepolisian yang dinilainya terlalu mengikuti 'pakem' film-film detektif yang sudah umum. Namun, di samping menyodorkan kritik tentang kekurangan-kekurangan pada novel ini, Hernadi juga menunjukkan kelebihan dari novel tersebut, sehingga pengunjung blog mampu memperoleh gambaran yang jernih tentang novel tersebut. Masih ada sederet judul buku lainnya yang direview-nya, seperti Sastra Sepeda di Boja, The Dragon Scroll, Metamorfosis.
http://www.hazairin-tanjung.co.cc (Citizen journalism blog)

Pertarungan memperebutkan kursi Presiden Republik Indonesia kian panas. Media berlomba memberitakan tentang aktivitas politik jelang pemilihan presiden, tentunya lengkap dengan profil sosok yang akan  maju 'bertarung' di pilpres mendatang. Tak mau kalah dengan kegesitan media mainstream, Hazairin Tanjung melalui blognya juga menyajikan informasi yang erat kaitannya dengan aktivitas politik jelang pilpres 2009 serta informasi politik lainnya. Salah satu contoh postingannya yang populer adalah tentang kriteria calon presiden RI tahun 2009-2014. Ia juga menulis tentang angannya jika menjadi presiden RI, pandangannya tentang sosok Megawati serta keluhan penyandang cacat tentang pemilu sistem contreng. Bukan hanya mengupas masalah politik, ia juga menyajikan berbagai potret kehidupan masyarakat Indonesia, seperti semrawutnya penilaian jenjang karir PNS, bencana akibat kesalahan manusia, serta informasi lainnya. Di blog ini, pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dalam poling yang membahas suatu topik. Kehadiran blog ini menegaskan bahwa siapapun bisa menjadi pewarta informasi kapan saja di mana saja tanpa harus menyandang status resmi sebagai seorang jurnalis di suatu institusi. Pengelola blog yang merupakan pensiunan PNS DepKes ini juga rajin memposting puisi di blognya.

Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 adalah sebentuk program apresiasi/penghargaan kepada pengelola/penulis blog (blogger) Indonesia yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikiran positifnya dalam bentuk tulisan di blog masing-masing. ISBA 2009 diinisiasi oleh ICT for Partnership (www.ictwatch.com), didukung oleh XL Care (www.xl.co.id), OpenNet Initiative (www.opennet.net) dan media online detikINET (www.detikinet.com).

Ingin seperti mereka? Simak cara-caranya di sini atau langsung meluncur ke situs www.ictwatch.com/internetsehat/blog-award.

 



(wsh/wsh)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed