Minggu, 30 Nov 2008 12:21 WIB

FreSh Berbagi Pengalaman Seputar Dunia Freelance

- detikInet
Jakarta - FreSh adalah sebuah forum tempat ajang diskusi, kumpul-kumpul, networking, serta berbagi ide dan ilmu dari berbagai jurusan profesi. Komunitas ini rutin melakukan kegiatan berbagi pengetahuan dan pengalaman setiap bulannya.

Kali ini komunitas non-profit tersebut menggelar kongkow-kongkow bertemakan dunia freelance, setelah sebelumnya digelar di detikcom. Bertempat di salah satu ruangan di Telkom Gatot Subroto, para anggota saling berbagi masukan untuk para freelancer saat berhadapan dengan para pemberi kerja.

Pada sesi kali ini, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (30/11/2008), pembagian tempat duduk dibuat berbeda. Dibuat berkesan ada dua kubu, yakni kubu freelancer dan kubu job publisher. Pesertanya pun lumayan banyak dan sebagian besar berada di kubu freelancer. 

Presentasi pertama dilakukan oleh Aria Rajasa yang menceritakan mengapa harus menjadi freelance, dan tips-tips menjadi seorang freelancer. Ia berbagi tips mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjadi seorang freelancer.

Selanjutnya, presentasi dilakukan oleh Harry yang menceritakan best practice-nya sebagai freelancer yang bekerja rumahan. Menurutnya, sebagai seorang freelancer memang bisa bekerja secara fleksibel, tapi pendapatannya pun fleksibel.

Selanjutnya Chandra Marsono berbagi pengalamannya dari sejak ia menjadi seorang freelancer hingga menjadi seorang entrepreneur. Dilanjutkan Herman Chang, praktisi Google AdWords, yang sedikit bercerita pemanfaatan Google AdWords untuk kebutuhan freelancer.

Dalam presentasinya, Herman memberikan pengantar penggunaan Google AdWords. Isinya sangat bermanfaat, terutama untuk mereka yang belum pernah menggunakannya.

Untuk memeriahkan acara, ada pembagian door prize dari Telkom dan voucher menginap di Hotel d'Carmel Lembang, Bandung. Bulan depan, FreSh akan menggelar kegiatan serupa bertemakan "Creative Outlook 2009".



(dwn/dwn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed